Pemprov Jatim

IPM Jatim Capai 71,50 atau Tumbuh 1,03 Persen, Bukti Terukur Kinerja Setahun Khofifah - Emil

Mas'ud mengatakan sesuai data dalam rilis BPS Jawa Timur, IPM Jawa Timur mengalami pertumbuhan yang signifikan di tahun 2019.

IPM Jatim Capai 71,50 atau Tumbuh 1,03 Persen, Bukti Terukur Kinerja Setahun Khofifah - Emil
surya.co.id/fatimatuz zahro
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Sengkaling, Malang, Selasa (18/2/2020). 

SURYA.CO.ID | MALANG - Rilis data Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Jatim 2019 oleh BPS Provinsi Jatim, Senin (17/2/2020), dinilai sebagai bukti riil hasil kerja Gubernur Khofifah setahun memimpin Jatim.

Hal itu disampaikan Direktur Pascasarjana Unisma Prof Mas'ud Said, Selasa (18/2/2020).

Mas'ud mengatakan sesuai data dalam rilis BPS Jawa Timur, IPM Jawa Timur mengalami pertumbuhan yang signifikan di tahun 2019. Angka IPM Jatim tahun 2019 ada di angka angka 71,50.

Angka tersebut menunjukkan pertumbuhan IPM Jatim sebesar 1,03 persen dibandingkan data IPM di tahun 2018 yaitu 70,77 persen.

"Tentu ini menjadi angka yang menggembirakan. Good signal, kalau saya bilang, dalam satu tahun kepemimpinan Khofifah-Emil, ada sinyal positif bahwa IPM Jatim tumbuh pesat, bahkan jika dibandingkan dengan data kenaikan IPM di provinsi lain, pertumbuhan IPM Jatim ini tertinggi," kata Mas'ud.

Ia menyebutkan pertumbuhan IPM Provinsi Jateng di tahun 2019 sebesar 0,86 persen, sedangkan IPM Provinsi DKI Jakarta di periode yang sama tumbuh sebesar 0,36 persen.

"Dari awal menjabat ibu gubernur memang konsen untuk peningkatan IPM Jawa Timur. Ternyata ini ada data ya berarti kita bisa menilai kalau ini good signal," katanya.

Tidak hanya itu, masih dari sumber rilis BPS yang sama, disebutkan bahwa Usia Harapan Hidup (UHH) Jawa Timur tumbuh sebesar 0,3 persen.

Angka kenaikan UHH ini juga menjadi yang tertinggi di Jawa bersama Jabar dan Banten.

Sedangkan untuk Angka Harapan Lama Sekolah atau Expected Years of Schooling (EYS) Jawa Timur tahun 2019 tumbuh sebesar 0,46 persen. Angka ini menjadi peningkatan yang tertinggi tertinggi di Jawa.

Halaman
123
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved