Berita Banyuwangi

Kata Wagub Bali ke Bupati Banyuwangi: Membangun Pariwisata, Membangun Peradaban

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas melakukan kunjungan kerja ke Bali terkait pengembangan pariwisata daerah.

Kata Wagub Bali ke Bupati Banyuwangi: Membangun Pariwisata, Membangun Peradaban
SURYA.co.id/Haorrahman
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas disambut hangat oleh Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati. 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas melakukan kunjungan kerja ke Bali terkait pengembangan pariwisata daerah.

Di sana Anas mendapat sambutan hangat dari Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace

Bagi Cok Ace, Banyuwangi adalah "saudara" bagi Bali. Banyak jejak sejarah menunjukkan adanya hubungan yang erat antara umat Hindu di Bali dengan rakyat Banyuwangi.

"Kedatangan Bupati Anas bersama jajarannya ini akan menambah keeratan antara Bali dan Banyuwangi. Persaudaraan Banyuwangi dan Bali akan terus berkembang. Kami, warga Bali dengan senang hati akan saling berbagi, sama-sama saling belajar untuk mengembangkan pariwisata daerah," kata Cok Ade, Senin (17/2).

Cok Ace mengaku senang Banyuwangi mengembangkan potensi alam, potensi budaya, serta potensi manusia di sektor pariwisata. 

Menurut dia, pariwisata adalah industri yang tidak ada habis-habisnya.

Bahkan, imbuh Cok Ace, beberapa negara yang dahulu mengandalkan industri seperti otomotif dan lain-lain, contohnya Jepang dan Korea, sekarang mulai beralih ke pariwisata. 

“Sebab, pariwisata merupakan industri yang jika dikelola dengan baik akan berkesinambungan, apalagi yang berbasis masyarakat. Tujuan pembangunan yang paling cepat bisa diwujudkan adalah sektor pariwisata dan saya senang Banyuwangi memilih pariwisata,” kata dia.

Menurutnya membangun industri pariwisata sama dengan membangun peradaban. Bukan sekedar membangun budaya, apalagi membangun tradisi.

Sebab, imbuh Cok Ace rentang keberlangsungan suatu tradisi hanya sekitar 25 tahun dan rentang budaya sekitar 50 tahun. Sedangkan rentang peradaban bisa mencapai ratusan tahun. 

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved