Breaking News:

Advertorial

'Dipoles' BPWS, Produk IKM di 4 Kabupaten di Madura Tembus Pasar Modern

BPWS bersama empat pemkab di Pulau Madura beri pelatihan 480 Industri Kecil Menengah (IKM) dari Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sum

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: irwan sy
INOPAK Institute
Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) bersama empat pemerintah kabupaten (pemkab) di Pulau Madura memoles sedikitnya 480 Industri Kecil Menengah (IKM) dari Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) bersama empat pemerintah kabupaten (pemkab) di Pulau Madura memoles sedikitnya 480 Industri Kecil Menengah (IKM) dari Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Pelatihan ini untuk peningkatan kualitas produk IKM itu digawangi para ahli dari INOPAK Institute beserta Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit GmbH (GIZ) German.

Tercatat sebanyak 120 IKM dari Masing-masing kabupaten di Madura. Hasilnya?

Mayoritas produk yang sebelumnya biasa-biasa saja, menjelma menjadi produk berkualtias luxury bahkan masuk pasar modern, seperti Alfamart, Alfamidi, Indomart, Hypermart dan retail modern lainnya. Bahkan, beberapa di antaranya malah masuk pasar ekspor. Bagaimana bisa ?

Owner produk IKAN CAPUNG Merk HA-ROSA Pamekasan Andi Sauman, mengalami stagnasi penjualan yang tidak berkembang selama bertahun-tahun.

“Hanya segitu saja, gak naik naik,” ujarnya.

Hingga kemudian, ia mengikuti pelatihan di BPWS. Para ahli jebolan Jerman memoles teknik kemasan, desain, teknik pemasaran, jaringan pemasaran, hingga manajemen, perizinan, standarisasi internasional.

Andi mengungkapkan, desain kemasan produk IKAN CAPUNG Merk HA-ROSA ia sajikan ala kadarnya.

Kemasan nampak lusuh dan kumuh sehingga tidak mampu mendongkrak minat konsumen, terjual murah dan terbatas.

“Sekarang luar biasa, membanggakan. Karena masuk ke pasar Modern. Di Alfamart dan sejenisnya sudah tersedia. Alhamdulillah,” ungkapnya.

IKAN CAPUNG Merk HA-ROSA hanyalah salah satu dari ratusan produk IKM yang sudah berubah 180 derajat setelah dipoles BPWS.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved