Single Focus

Cara Unik SDN Tembok Dukuh IV Surabaya untuk Memotivasi Minat Baca Siswa, 4 Syarat Bisa Naik RPL

CARA unik dipilih SDN Tembok Dukuh IV/86 Surabaya, untuk meningkatkan minat baca buku siswa-siswanya, yaitu dengan membuat Rumah Pohon Literasi (RPL).

Cara Unik SDN Tembok Dukuh IV Surabaya untuk Memotivasi Minat Baca Siswa, 4 Syarat Bisa Naik RPL
SURYAOnline/ahmad zaimul haq
RUMAH POHON LITERASI - Aktifitas di Rumah Pohon Literasi (RPL)yang dibangun untuk meningkatkan minat baca, Jumat (14/2). Syarat untuk menikmati fasilitas RPL yang dilengkapi flying fox yaitu siswa harus membaca buku fiksi dan menceritakan di depan kelas. 

CARA unik dipilih SDN Tembok Dukuh IV/86 Surabaya, untuk meningkatkan minat baca buku siswa-siswanya. Yaitu dengan membuat Rumah Pohon Literasi (RPL), dan ini merupakan yang pertama di Surabaya.

RPL yang menghabiskan dana Rp 25 juta itu, memiliki tinggi 5,20 meter, lebar 3 meter, serta panjang rumah 3 meter 60 cm.

Fasilitas yang tersedia, berbagai macam buku, termasuk flying fox sebagai hiburan untuk siswanya.

"Kami ingin anak-anak semakin termotivasi untuk membaca, karena ada syaratnya jika mereka ingin naik ke rumah pohon literasi," kata Edi Santoso, Kepala Sekolah Tembok Dukuh IV pada Surya.co.id saat ditemui, Sabtu (15/2).

Video terkait:

Namu, Edi menjelaskan, untuk bisa menikmati RPL ini ada empat syarat yang harus dipenuhi.

Pertama, mereka naik dengan keadaan sehat jasmani dan sudah sarapan;

Kedua, mengikuti kelas membaca literasi 15 menit dulu sebelum masuk kelas, kemudian siswa menceritakan kembali apa yang sudah dibaca ke teman-teman, lalu mereka di pilih beberapa yang terbaik oleh pustakawan atau petugas.

Ketiga, mereka yang terpilih naik ke RPL, setelah turun dari RPL siswa membaca lagi dan melakukan tanya jawab dengan pustakawan dengan durasi waktu maksimal 5 menit; dan terakhir, siswa memakai helm serta sabuk pengaman turun dengan flying fox.

"Dengan RPL ini, alhamdulilah minat baca siswa semakin meningkat dibanding sebelum diresmikan, karena anak-anak termotivasi ingin naik ke RPL untuk membaca buku dan turun menggunakan flying fox," papar Edi, yang meresmikan RPL pada 1 Februari lalu.

Halaman
12
Penulis: Zainal Arif
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved