citizen reporter

300 Siswa Sarapan Bareng di Halaman SD Negeri Ngrayung, Plumpang, Tuban

Sebulan sekali, seluruh siswa SD Negeri Ngrayung, Plumpang, Tuban sarapan bersama. Mereka duduk di tikar yang digelar di halaman.

300 Siswa Sarapan Bareng di Halaman SD Negeri Ngrayung, Plumpang, Tuban
citizen reporter/sri yunanik
Anak-anak SD Negeri Ngrayung, Plumpang, Tuban sarapan bersama di halaman sekolah. 

Halaman SD Negeri Ngrayung, Plumpang, Tuban ramai oleh guru, siswa, dan wali murid, Jumat (14/2). Mereka duduk di tikar yang digelar di halaman sekolah. Agendanya satu: sarapan.

Sebulan sekali mereka berkumpul untuk sarapan bersama. Meskipun tampaknya sepele, aktivitas itu dapat mempererat hubungan guru, siswa, dan wali murid.

Sarapan juga sangat penting dalam menunjang konsentrasi anak dalam belajar. Anak yang sudah sarapan dapat berkonsentrasi lebih, karena nutrisi sarapan pagi akan digunakan beraktivitas selama setengah hari penuh di sekolah.

Sebelum acara makan dimulai, semua berbagi dan menukarkan makanan pada temannya untuk memupuk kepekaan anak dalam hal berbagi atas sesuatu yang dimilikinya. Anak juga bisa merasakan apa yang orang lain alami.

“Aktivitas sarapan bersama orang tua dan orang terdekat yang diawali dengan doa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan akan selalu diingat,” ujar Agus Muhariyoto guru PAI di SD Negeri Ngrayung.

Di sisi lain Riwayati, selaku guru kelas IV, menuturkan, guru akan tahu antara orang tua yang memiliki perhatian penuh dan yang sekadarnya dalam menyiapkan nutrisi pagi bagi putra-putrinya. “Kita menjadi tahu pola makan yang dihidangkan orang tua,” katanya.

Makan bersama di halaman menjadi acara unik. Anak-anak menikmati menu dengan bersemangat karena dilakukan bersama sekitar 300 teman. Makan bersama itu juga membuat komunikasi anak terasah karena mereka berdekatan dengan teman-teman, orang tua, dan guru.

Kegiatan itu berlangsung 30 menit. Usai makan pagi bersama, mereka mengikuti pelajaran seperti biasa. Jumat yang indah tidak akan terlupakan.

Sri Yunanik
Kepala Sekolah SD Negeri Ngrayung, Plumpang, Tuban
ridhoyun@yahoo.co.id

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved