Berita Blitar

Buka Rekrutmen PPS Pilwali Blitar 2020, KPU Targetkan Minimal Ada 126 Pendaftar

KPU Kota Blitar mulai membuka pendaftaran rekrutmen calon petugas pemungutan suara (PPS) Pilwali Blitar 2020

Buka Rekrutmen PPS Pilwali Blitar 2020, KPU Targetkan Minimal Ada 126 Pendaftar
surabaya.tribunnews.com/samsul hadi
Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Rangga Bisma Aditya. 

SURYA.co.id | BLITAR - KPU Kota Blitar mulai membuka pendaftaran rekrutmen calon petugas pemungutan suara (PPS) Pilwali Blitar 2020. Sesuai rencana, pengembalian berkas pendaftaran calon PPS dimulai pada 18-24 Februari 2020.

"Formulir pendaftaran bisa diunduh di website KPU Kota Blitar atau bisa datang langsung ke kantor KPU Kota Blitar," kata Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Rangga Bisma Aditya, Minggu (16/2/2020).

Rangga mengatakan kebutuhan calon anggota PPS di Pilwali Blitar 2020 hanya 63 orang. Masing-masing kelurahan dibutuhkan tiga calon PPS. Di Kota Blitar ada 21 kelurahan.

Tetapi, kata Rangga, KPU Kota Blitar menargetkan minimal ada 126 pendaftar dalam rekrutmen PPS Pilwali Blitar 2020. Tiap kelurahan, minimal harus ada enam pendaftar calon PPS.

"Kebutuhan calon PPS minimal enam orang di masing-masing kelurahan. Tiga orang yang akan menjadi PPS dan tiga lagi sebagai cadangan untuk pergantian antar waktu (PAW)," ujar Rangga.

Dikatakannya, berdasarkan hasil evaluasi dari Pilgub Jatim dan Pilpres, jumlah pendaftar calon PPS di Kota Blitar belum pernah memenuhi kuota minimal yakni enam pendaftar di tiap kelurahan. Menurutnya, dari hasil evaluasi, minimnya pendaftar calon PPS karena masalah honor.

Masyarakat menganggap honor sebagai anggota PPS terlalu rendah. "Sekarang, untuk Pilwali Blitar 2020, honor PPS sudah dinaikkan, sudah mendekati UMK. Mudah-mudahan minat masyarakat mendaftar calon PPS bertambah banyak," katanya.

Selain soal honor, menurutnya, yang membuat pendaftar calon PPS minim, yaitu, masyarakat menganggap pekerjaan PPS melelahkan dan hanya cocok untuk orang tua. Padahal, saat ini juga dibutuhkan calon PPS muda yang melek dengan teknologi.

"Saat ini juga dibutuhkan tenaga IT di PPS. Makanya kami mendorong anak muda di karangtaruna dan mahasiswa untuk ikut mendaftar calon PPS," katanya.

Dia menjelaskan syarat mendaftar calon PPS, yaitu, minimal harus usia 17 tahun, tidak terlibat di partai dan dukung mendukung pasang calon, surat keterangan kesehatan, dan ijazah. Pendidikan terakhir untuk calon PPS yakni setingkat SMA.

"Berkas pendaftaran diserahkan ke kantor KPU Kota Blitar mulai 18-24 Februari 2020 pada jam kerja, yaitu pukul 08.00 WIB-16.00 WIB. Khusus untuk hari terakhir, pengembalian berkas pendaftaran dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB," katanya.

Sebelumnya, KPU Kota Blitar sudah selesai merekrut panitia pemilihan kecamatan (PPK) Pilwali Blitar 2020. Dari sejumlah pendaftar PPK, KPU hanya mengambil 30 orang saja.

Dari 30 orang itu, 15 orang yang ditetapkan menjadi anggota PPK dan 15 lagi sebagai cadangan. Tiap kecamatan dibutuhkan lima anggota PPK. Jumlah kecamatan di Kota Blitar ada tiga kecamatan. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved