Berita Surabaya

Program American College Testing Persiapkan Siswa SMA Melanjutkan ke Perguruan Tinggi di Luar Negeri

Kurikulum ACT memberikan kesempatan pada sekolah untuk melatih keterampilan akademik dan soft skills siswa

Program American College Testing Persiapkan Siswa SMA Melanjutkan ke Perguruan Tinggi di Luar Negeri
SURYA.co.id/Sulvi Sofiana
Simmy Ziv-el, Vice President ACT Internasional saat berdiskusi dengan mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya di sela acara ”The 2020 ACT Southeast Asia Summit and Professional Development Conference" di Sheraton Hotel, Sabtu (15/2/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA - American College Testing (ACT) program selama ini dijadikan sebagai program persiapan menempuh perguruan tinggi di luar negeri. Tetapi saat ini ACT juga menyediakan program kurikulum yang bisa diterapkan untuk siswa setingkat SMA.

Simmy Ziv-el, Vice President ACT Internasional menjelaskan kurikulum ACT memberikan kesempatan pada sekolah untuk melatih keterampilan akademik dan soft skills siswa sebagai persiapan ke perguruan tinggi dan sukses di pekerjaan. 

“ACT menawarkan program akademik yang berkualitas tinggi dalam bahasa lnggris yang mempersiapkan siswa kuliah ke dalam dan luar negeri dan juga membantu memfasilitasi pendaftaran siswa ke universitas yang diinginkan,” ujar Simmi di sela ”The 2020 ACT Southeast Asia Summit and Professional Development Conference" di Sheraton Hotel, Sabtu (15/2/2020). 

Program-program ACT, lanjutnya, didasarkan pada penelitian selama 60 tahun. memungkinkan 'Lifelong Learning' atau proses pembelajaran seumur hidup di sekolah dan di pekerjaan di seluruh dunia. 

Ia mengungkapkan, adanya dua program pendidikan yang semakin popular di Indonesia yaitu ACT-Global Assessment Certificate (ACT-GAC) dan ACT-English Proficiency Program (ACT-EPP).

“ACT-GAC merupakan program persiapan universitas yang diakui secara internasional untuk siswa yang bahasa pertamanya bukan bahasa lnggris,”lanjutnya.

ACT-GAC saat ini sudah diterapkan di 11 sekolah di Indonesia dan juga tersedia di Asia Tenggara. 

Siswa-siswa yang memperoleh ACT-GAC akan menerima kredit yang dapat digunakan di universitas yang sudah menerima siswa ACT-GAC di seluruh dunia. 

“Tergantung dari universitas yang dipilih dan program akademik mereka, siswa ACT-GAC dapat memperoleh kredit transfer sampai dengan satu tahun atau lebih. Sehingga mereka dapat menyelesaikan gelar sarjana mereka lebih cepat dan menghemat biaya kuliah,”tuturnya 

Universitas yang telah menerima siswa-siswa ACT-GAC, diungkapkan Simmy ada di 13 negara. Mulai dari Australia, Kamboja, Kanada, Indonesia, Malaysia, Meksiko, Singapura, Korea Selatan, Thailand, Swiss, lnggris, Amerika Serikat dan Vietnam. 

Salah satu universitas di Indonesia yang menerima siswa ACT-GAC yaitu Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Yustinus, kabag promosi dan admisi UKWMS mengungkapkan, siswa dengan ACT GAC telah melewati rangkaian program dan tes yang diakui secara global. Sehingga pihak kampus mulai saat ini menerima mahasiswa baru dengan jalur ini.

“Sertifikatnya kami pakai karena mereka sudah global dan diakui oleh banyak universitas. Jadi kami tinggal menyesuaikan,”ujarnya.

Dengan sertifikat dari ACT,  dikatakan Yustinus pendaftar tidak perlu mengikuti Test Potensi Akademik. Bahkan memiliki pilihan mau mendaftar di jalur prestasi dengan nilai rapornya atau memakai ACT GAC.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved