Grahadi

Pemprov Jatim

Khofifah Bantu Pompa dan Panel di Tlogomas Malang, Sebanyak 6.000 Warga Masih Dipasok dengan Tangki

Tandon Tlogomas ini menjadi tandon yang diminta untuk mentransmisikan pasokan air untuk daerah terdampak di kawasan Kecamatan Kedungkandang

Khofifah Bantu Pompa dan Panel di Tlogomas Malang, Sebanyak 6.000 Warga Masih Dipasok dengan Tangki
SURYA.co.id/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meninjau tandon air Tlogomas Kota Malang, Sabtu (15/2/2020) sore. 

SURYA.co.id | MALANG - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meninjau tandon air Tlogomas Kota Malang, Sabtu (15/2/2020) sore.

Khofifah ingin memastikan bahwa proses penanganan pecahnya pipa di Kota Malang bisa terkawal dan berprogres.

Khofifah, Wagub Emil Elestianto Dardak serta Bank Jatim memberikan bantuan khusus berupa 22 lps dan panel untuk bisa memback up pendistribusian air ke warga Malang.

"Saya juga surprise ini cepat sekali, tidak sampai 10 hari sudah terpasang dan bisa berfungsi. Tiga hari ini sudah bisa mengaliri rumah rumah warga," kata Khofifah.

Pihaknya mengatakan, pompa bantuan tersebut akan memberikan back up dan juga subsitusi untuk pelanggan dan juga menyuplai kebutuhan air bersih masyarakat.

"Dari 3.000 pelanggan, kita bisa subsitusi sampai maksimal 2.900 pelanggan. Harapannya layanan terhadap penyediaan air bersih bagi masyarakat bisa tersupport," ucapnya.

Tandon Tlogomas ini menjadi tandon yang diminta untuk mentransmisikan pasokan air untuk daerah terdampak di kawasan Kecamatan Kedungkandang.

Sebelumnya, dikarenakan sebagian pasokan air dari tandon Tlogomas dialirkan ke warga teradampak di Kedungkadang, maka aliran air sekitar sedikit terganggu.

Saat ini, disampaikan Khofifah, proses penggantian pipa dengan kualitas yang lebih baik sedang dilakukan. Ditarget dalam waktu 1,5 bulan proses penggantian pipa bisa selesai.

Proses penanganan pipa pecah di Pulungdowo, Kecamatan Tumpang, saat ini sudah mayoritas teratasi. Pipa dengan diameter 500 mm itu sudah diatasi dan diperbaiki. Hanya sekitar 6.000 pelanggan yang kini disupport dengan mobil tangki.

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko mengatakan bahwa bantuan pompa 22lps dan panel sudah membuat percepatan pendistribusian air kembali ke warga masyarakat Malang.

"Bantuan dari ibu, bapak wagub dan Bank Jatim sudah 3 hari ini beroperasi dan mengalir. Pompa ini mengurangi pengaduan dari masyarakat. Sejauh ini yang masih harus kita support dengan tangki tinggal 6.000 pelanggan," Kata Edi

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved