Grahadi

Pemprov Jatim

Gubernur Khofifah dan Mayjend TNI Whisnoe PB Tanam 50.000 Vetiver di Ranu Pani

Khofifah Indar Parawansa dan Mayjend TNI Whisnoe PB melakukan penanaman vetiver secara massal di lahan pertanian Ranu Pani, Sabtu (15/2/2020).

Gubernur Khofifah dan Mayjend TNI Whisnoe PB Tanam 50.000 Vetiver di Ranu Pani
SURYA.co.id/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI Whisnoe PB melakukan penanaman pohon vetiver secara massal di lahan pertanian Ranu Pani, Sabtu (15/2/2020). 

SURYA.co.id | LUMAJANG - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI Whisnoe PB melakukan penanaman vetiver atau akar wangi secara massal di lahan pertanian Ranu Pani, Sabtu (15/2/2020).

Bersama jajaran TNI AD, bibit vetiver sebanyak 50.000 ditanam secara serentak bersama para petani untuk menjaga ketahanan tanah.

Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, gerakan penanaman vetiver ini sangat baik untuk mencegah longsor dan menjaga ketahanan tanah.

"Ini follow up apa yang sudah dilakukan oleh Pak Presiden. Dalam waktu dua jam kita melakukan koordinasi untuk menyiapkan lahan di sini, karena ternyata lahan konservasi tidak boleh ditanami vetiver, maka kita bersyukur bisa ditanam bersama kelompok tani hutan," kata Khofifah usai melakukan penanaman vetiver.

Jika di lokasi ini ditanam 50.000 vetiver, penanaman akan dilanjutkan hingga mencapai 200.000 tanaman vetiver. Penanaman juga akan dilakukan secara tersebar di kabupaten/kota dengan koordinasi Dandim dan Danrem. 

"Tanaman vetiver ini memang membutuhkan air yang banyak jadi memang sebaiknya ditanam saat musim hujan. Semoga ini bisa memberikan daya tahan dari seluruh daya dukung alam dan lingkungan di kawasan Ranu Pani," kata Khofifah.

Tidak hanya itu, ia juga mengatakan, kawasan Ranu Pani banyak ditanam tanaman kentang. Jika seluruh kawasan ditanami kentang akan menimbulkan kerentanan tanah.

"Kekuatan akar tanaman vetiver ini akan berseiring dengan kearifan lokal di sini yang banyak menanam kentang. Jadi ketahanan tanah tetap aman, penanaman kentang tetap jalan," kata Khofifah.

Sementara itu Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI Whisnoe PB mengatakan gerakan penanaman vetiver ini adalah kerja sama antara Kodam dengan Pemprov Jatim.

Sesuai dengan arahan Presiden  Joko Widodo, dikatakan Mayjend TNI Whisnoe PB, vetiver harus digalakkan untuk mendukung daya dukung tanah.

"Kita akan lanjutkan di seluruh daerah di Jatim. Tidak hanya di pegunungan tapi juga di bantaran sungai juga baik," kata Whisnoe.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved