Berita Kampus Surabaya

Strategi Unesa terkait Kebijakan Kemendikbud tentang Kampus Merdeka di Era Revolusi Industri 4.0

Jajaran Pimpinan Unesa foto bersama dengan Prof. Dr. Arif Satria dan Prof.Dr. Nurhasan di Auditorium Gedung Rektorat Universitas Negeri Surabaya.

Strategi Unesa terkait Kebijakan Kemendikbud tentang Kampus Merdeka di Era Revolusi Industri 4.0
surya.co.id/zainal arif
Jajaran Pimpinan Unesa foto bersama dengan Prof. Dr. Arif Satria dan Prof.Dr. Nurhasan di Auditorium Gedung Rektorat Universitas Negeri Surabaya, Jumat (14/2/2020). 

SURYA.co.id |SURABAYA - Perguruan tinggi harus mempunyai strategi dalam menghadapi era revolusi Industri 4.0 dan kampus merdeka.

Ini terkait kebijakan merdeka belajar serta kampus merdeka yang dibuat oleh Nadiem Makarim Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Universitas Negeri Surabaya bersama Institut Pertanian Bogor membahas bersama tentang kebijakan tersebut di hadapan 250 orang dari seluruh jajaran pimpinan Unesa sampai ke tingkat program studi di Auditorium Gedung Rektorat Universitas Negeri Surabaya, Jumat (14/2/2020).

"Dengan kampus merdeka ini, peluang mahasiswa akan semakin terbuka, mahasiwa akan semakin berani untuk berkreasi," kata Rektor Unesa Prof.Dr. Nurhasan.

Saat ini, berbagai kegiatan mahasiswa diakui sebagai bagian perkuliahan dan dihitung ke dalam SKS.

Beberapa kegiatan seperti, proyek kemanusiaan, pembangunan di desa, magang industry/instansi pemerintahan, studi individu, pertukaran pelajar, kegiatan wirausaha, penelitian/riset, serta magang.

"Kegiatan tersebut akan lebih meningkatkan mutu pembelajaran di perguruan tinggi," kata Rektor Institut Pertanian Bogor Prof. Dr. Arif Satria menambahkan. 

"Kedepan diperlukan kreatifitas, kreatifitas ini dapat muncul jika ada kebebasan, kesiapan lembaga, dosen dalam memahami anak-anak bimbingnya, untuk meramu sesuai kepentingan masa depannya," imbuhnya

Arif Satria mengakui bahwa kebijakan baru ini memang akan membuat mahasiswa semakin banyak mendapat pengalaman kerja.

Selain itu kerja sama dengan perguruan tinggi akan semakin erat.

Penulis: Zainal Arif
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved