Berita Madiun

Kondisi Ratusan Rumah di Kota Madiun yang Tergenang Banjir setelah 5 Jam Diguyur Hujan Deras

Hujan deras di Kota Madiun, sejak sekitar pukul 15.30 WIB, mengakibatkan sejumlah rumah di tiga kecamatan tergenang banjir, Jumat (14/2/2020).

Kondisi Ratusan Rumah di Kota Madiun yang Tergenang Banjir setelah 5 Jam Diguyur Hujan Deras
surya.co.id/rahadian bagus
Banjir menggenang rumah warga di Kelurahan Klegen, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, Jumat (14/2/2020). 

SURYA.co.id|MADIUN - Hujan deras di wilayah Kota Madiun, sejak sekitar pukul 15.30 WIB, mengakibatkan sejumlah rumah di tiga kecamatan di Kota Madiun, tergenang banjir, Jumat (14/2/2020). 

Selain menggenang dan masuk rumah warga, banjir juga mengakibatkan banyak genangan air di sejumlah jalan protokol di Kota Madiun.

Ketinggian air yang menggenangi ratusan rumah di  tiga kecamatan yakni Kecamatan Kartoharjo, Taman, dan Manguharjo, mencapai hingga 50 sentimeter. 

Dari sekian titik banjir, lokasi yang tergenang banjir paling parah berada di Kelurahan Klegen dan Kelurahan Nambangan Kidul, Kecamatan Kartoharjo. Selain itu, di Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun

Banjir di wilayah Kota Madiun ini disebabkan meningkatnya debit air di sejumlah sungai. Intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan debit air meningkat dan meluap hingga ke pemukimn warga. 

Seorang warga Kelurahan Klegen, Margono, menuturkan daerahnya memang menjadi langganan banjir ketika musim hujan. Namun, banjir malam ini, menurutnya merupakan banjir yang terparah sejak Januari 2020.

"Di daerah sini memang langganan banjir, tapi ini terparah sejak Januari. Sejak sungainya dibeton karena ada proyek drainase dan trotoar di proliman itu. Biasanya 1 jam sudah surut air lewat, lha ini sudab dua jam malah semakin tinggi airnya," pungkasnya.

Saat ini, pihak BPBD Kota Madiun masih melakukan pendataan untuk mengetahui berapa jumlah rumah yang tergenang banjir. Sementara itu, pantauan di lokasi, sekitar pukul 21.30 WIB hujan sudah mulai reda.

Sejumlah genangan air yang sebelumnya menggenang di titik jalan protokol sudah mulai surut, begitu juga di genangan air yang masuk ke rumah warga.

--

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved