Berita Surabaya

Pameran Pendidikan di Jatim Expo Surabaya: SMK Dharma Bahari Tampilkan Mobil Gokart Generasi Kedua

Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Dharma Bahari Surabaya berhasil menyempurnakan mobil Gokart generasi pertama untuk dipamerkan di Jatim Expo.

Pameran Pendidikan di Jatim Expo Surabaya: SMK Dharma Bahari Tampilkan Mobil Gokart Generasi Kedua
surya.co.id/zainel arif
Mobil Gokart karya SMK Dharma Bahari Surabaya yang siap ditampilkan pada Pameran Pendidikan di Jatim Expo Surabaya mulai Jumat (14/2/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Dharma Bahari Surabaya berhasil menyempurnakan mobil Gokart generasi pertama untuk di pamerkan di Jatim Expo.

Proses pembuatan ini melibatkan 3 Siswa M.Bayu Riski, Farhan Dinanta, dan Racmad Fikri R.

Siswa kelas 11 jurusan TKR didampingi guru, diberi amanah untuk menyelesaikan karya ini  sejak perenanaan 18 Januari 2020, Kamis (13/2/2020).

Perbedaan dari generasi pertama, mobil generasi kedua dapat berjalan maju dan mundur dengan empat roda. Sedang pada generasi pertama hanya berjalan maju dengan roda tiga.

Mereka bertiga beberapa kali mengalami kendala diawal pembuatannya, mereka membuat badan mobil yang terlalu besar dengan ukuran 230 sentimeter yang kemudian mereka potong menjadi 175 sentimeter.

Pada saat uji coba ke-3 mereka merasa saat membelokkan stir mobil terasa berat sehingga harus dirombak ulang karena harus menambahkan rack.

"Dengan beli rack menjadi solusi dari pemasalahan stir yang terasa berat, jadi harus dirombak ulang padahal sudah jadi, ini kami lakukan agar stir mobil terasa lebih ringan dan sekarang sudah jadi," kata Eko Yudi Aristianto selaku Ketua Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan.

Aris Sapaan akrab Eko Yudi Aristianto mengeluhkan waktu pembuatan mobil gokart generasi 2 yang terlalu singkat.

"Sebenernya dadakan, karena permintaan kepala sekolah bahwa kami dari tiap prodi harus memberikan sesuatu untuk dipamerkan, dan akhirnya kami memamerkan mobil gokart generasi 2 ini," kata Aris.

Mobil gokart SMK Dharma Bahari ini telah menghabiskan biaya hingga Rp 15 juta dengan menggunakan mesin Supra fit S 110 CC dan berbahan bakar pertalite.

Racmad Fikri R. mengaku senang mempunyai kesempatan berkontribusi dan dipercaya dalam pembuatan mobil gokart generasi ke-2 tersebut.

"Saya bangga karena saya sudah melaksanakan tugas saya dalam membuat mobil gokart ini, hingga malam kami selalu berusaha menyempurnakan setiap harinya seusai jam pelajaran di sekolah," kata Fikri.

"Saya sekarang jadi berani motong dan grenda, terutama sekarang bisa mengelas," tutup Fikri dengan bangga.

Mobil saat ini sudah berada di Jatim Expo dan siap dipamerkan besok dalam agenda Festival Ekstrakulikuler dan Pameran Pendidikan.

Festivak berlangsung hingga 16 Februari 2020 dibuka mulai pukul 8 pagi hingga 9 malam sebagai ajang kreatifitas anak-anak SMA dan SMK Se-Surabaya.

Penulis: Zainal Arif
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved