Berita Pasuruan

Butuh 7 Jam Bersihkan Material Longsor, Jalur Bromo via Tosari Pasuruan Kini Sudah Bisa Dilalui

Jalur menuju wisata Gunung Bromo via Tosari, Kabupaten Pasuruan akhirnya sudah bisa dilewati setelah tertutup materialan longsor.

Butuh 7 Jam Bersihkan Material Longsor, Jalur Bromo via Tosari Pasuruan Kini Sudah Bisa Dilalui
galih lintartika/surya
Jalur menuju wisata Gunung Bromo yang termasuk dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) via Tosari, Kabupaten Pasuruan akhirnya sudah bisa dilewati setelah tertutup materialan longsor. 

SURYA.co.id | PASURUAN - Jalur menuju wisata Gunung Bromo yang termasuk dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) via Tosari, Kabupaten Pasuruan akhirnya sudah bisa dilewati setelah tertutup materialan longsor.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, jalur wisata pakis buncil menuju lautan pasir TNBTS, di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari ini sempat tertutup materialan longsoran tanah dari tebing di sisi jalan dan arus lalu lintas terputus.

Kapolsek Tosari AKP Bambang Tri mengatakan, akhirnya proses evakuasi materialan longsor yang menutup jalan sudah dilakukan.

Kata dia, tim gabungan dari Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Timur berhasil menyingkirkan materialan longsor ini.

"Sudah bisa dilalui sekarang. Tadi tim sudah berhasil membersihkan lokasi kejadian. Ada dua alat berat yang membersihkan dengan dibantu gotong-royong bersama warga setempat, TNI, Polri, dan semua pihak dari Pemkab Pasuruan dan Pemprov Jatim," katanya.

Ia menjelaskan, pembersihan baru selesai dilakukan setelah tujuh jam berjibaku dengan materialan.

Ia menyebut, sekarang jalur sudah bisa dilalui. Hanya saja, ia berpesan bagi yang hendak melalui jalanan ini harus berhati-hati, sebab sisa materialan longsor membuat jalan licin.

"Tetap waspada. Jalan sudah bisa dilalui. Ini tinggal finalisasi saja. Saya berpesan siapapun warga setempat , pengunjung Bromo tetap hati-hati dan waspada. Jangan sembarangan," tambah Kapolsek.

Safidah, salah satu pengunjung Bromo terpaksa harus berjalan kaki bersama kekasihnya karena sepeda motor yang mereka gunakan tidak bisa melintasi tumpukan materialan longsor.

Wisatawan Bromo asal Blitar ini harus menunggu sekitar 2 jam untuk bisa melintasi jalur yang tertutup longsor sekitar 20 meter ini.

Setelah jalan bisa dilalui meski materialan belum selesai dibersihkan, mereka bisa melanjutkan perjalanan.

"Tadi harus jalan menyeberangi materialan longsor. Sepeda motor saya dibawakan sama warga untuk bisa menyebrangi longsor yang belum selesai dibersihkan. Saya ingin liburan dan tidak tahu kalau ada longsor di sini," kata dia.

Sekadar diketahui, longsor ini terjadi Rabu sore sekira pukul 17.00 wib.

Secara tiba-tiba, terjadi longsor dan materialan longsor ini menutup jalan setelah kurang dari seharian wilayah Tosari diguyur hujan.

Longsor mengakibatkan terputusnya jalur Pakis Bincil-Lautan Pasir karena banyaknya material longsor yang menimbun ruas jalan sepanjang sekitar 20 meter.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved