Berita Gresik

Penanganan Penderita Virus Corona Langsung Ditangani Kementerian Kesehatan

BPJS Kesehatan Gresik Penanganan Penderita Virus Corona Langsung Ditangani Kementerian Kesehatan

Penanganan Penderita Virus Corona Langsung Ditangani Kementerian Kesehatan
sugiyono/surya
Pemateri dr Soedarsono, Sp. S (K), memaparkan tentang perkembangan virus Corona dan pencegahannya kepada para dokter dan perawat RSPG Gresik, Minggu (9/2/2020). 

SURYA.co.id | GRESIK - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Gresik menyampaikan Peraturan Presiden tentang penanganan pasien virus corona. Bahwa wabah virus corona tidak dijamin dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Namun, ditangani langsung oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jumat (14/2/2020).

Kepala Bidang Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Gresik Debby Hermawani mengatakan, dalam penanganan virus corona langsung ditangani oleh Kemenkes. Hal itu sesuai Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2019 pasal 52, tentang manfaat yang tidak dijamin dalam program JKN, yaitu pelayanan kesehatan akibat bencana pada masa tanggap darurat, kejadian luar biasa/wabah.

Menurutnya, peraturan tersebut mengaskan bahwa virus corona telah ditetapkan sebagai penyakit yang dapat menimbulkan wabah, sehingga masuk dalam manfaat yang tidak dijamin dalam manfaat program JKN.

“Karena virus corona ini sudah menjadi wabah secara internasional, maka penderita virus corona langsung ditangani oleh Kementerian Kesehatan. Tidak dijamin oleh program JKN melalui BPJS Kesehatan,” kata Debby.

Selanjutnya, dari Perpres tersebut, disambut dengan Kemenkes Nomor HK.01.07/MENKES/104/2020, tentang penetapan inveksi virus Corona sebagai penyakit yang dapat menimbulkan wabah. “Karena virus corona sekarang sebagai wabah, maka penanganan orang yang terkena cvirus corona langsung oleh Kemenkes,” imbuhnya.

Penulis: Sugiyono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved