Berita Surabaya

Rumah Sakit di Bawah PTPN XI Siap Tangani Pasien Novel Corona Virus

Dinkes Pemprov Jatim telah berkoordinasi dengan rumah sakit milik pemerintah dan swasta untuk siaga terkait penyebaran virus corona

Rumah Sakit di Bawah PTPN XI Siap Tangani Pasien Novel Corona Virus
Dokumen SURYA.co.id
RS Lavalette Kota Malang yang dikelola anak perusahaan dari PTPN XI siaga menangani pasien dengan virus Corona. 

SURYA.co.id | SURABAYA  - Meski belum ditemukan indikasi virus corona (Novel Corona Virus/2019-nCoV) masuk ke wilayah Indonesia, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI melalui anak perusahaan PT Nusantara Sebelas Medika, telah menyiapkan RS Lavalette Malang untuk bersiaga menghadapi virus corona.

Direktur Utama PT Nusantara Sebelas Medika, Flora Pudji Lestari mengatakan Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah berkoordinasi dengan rumah sakit milik pemerintah dan swasta untuk siaga terkait penyebaran virus tersebut.

Melalui surat nomor 443.32/445/102.3/2020 tanggal 30 Januari 2020 RS Lavalette ditunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan di Kota Malang oleh Dinkes Jatim dengan rujukan utama ke RS Saiful Anwar.

"Ini sebagai upaya kesiapsiagaan kami menghadapi infeksi Novel Corona Virus. Virus ini pertama kali ditemukan di Kota Wuhan China dan menular serta menyebar dengan cepat ke wilayah lain di China juga ke beberapa negara," kata Flora, Rabu (12/2/2020).

Di RS Lavalette Kota Malang, telah disiapkan alat untuk melakukan screening, penatalaksanaan awal serta melakukan general precaution yang tepat apabila ditemukan pasien dengan kecurigaan yang terinfeksi virus tersebut.

“Kami sedang mempersiapkan fasilitas di RS Lavalette untuk memberikan pelayanan kepada pasien yang terinfeksi virus corona, terutama ruang isolasi IGD bertekanan negatif yang merupakan syarat untuk ruang isolasi air borne infection," jelas Flora.

Termasuk alat pelindung diri untuk petugas juga sudah disiapkan, seperti baju pelindung, kacamata goggle, sarung tangan, sepatu booth hingga masker N95.

Pelayanan akan dilakukan oleh tim medis yang sudah disiapkan khusus untuk menangani pasien terinfeksi virus Corona.

“Untuk tenaga medis dan perawat sudah kami siapkan dan melibatkan berbagai disiplin ilmu, tim tersebut terdiri dari 15 dokter dan 4 perawat," jelas Flora.

Plt Kepala Rumah Sakit RS Lavalette Malang, Titin Amrih Wilujeng menambahkan, pihaknya juga sudah memberikan pelatihan khusus untuk penanganan pasien terinfeksi virus corona dan tetap berkoordinasi dengan Dinkes setempat.

"Semua preparation sudah ready, kami sudah siap termasuk dengan mitigasi resikonya demi menjalankan misi kemanusiaan. Bila dibutuhkan tiga rumah sakit kami lainnya akan disiapkan juga, yakni RS Djatiroto Lumajang, RS Wonolangan Probolinggo dan RS Elizabeth Situbondo," tandas Flora.

Novel Corona Virus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Beberapa kasus yang terjadi, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved