Pemprov Jatim

Khofifah Gelar MoU dengan Unhas, Ingin Kuatkan Petik-Olah-Kemas-Jual Hasil Laut Jatim

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjalin MoU dengan Universitas Hasanuddin Makassar Sulawesi Selatan.

Khofifah Gelar MoU dengan Unhas, Ingin Kuatkan Petik-Olah-Kemas-Jual Hasil Laut Jatim
foto:humas pemprov jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA menjalin MoU dengan Universitas Hasanuddin Makassar Sulawesi Selatan untuk menjalin kerjasama di bidang kelautan dan ketahanan pangan, Selasa (11/2/2020). 

SURYA.CO.ID | MAKASSAR - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjalin MoU dengan Universitas Hasanuddin Makassar Sulawesi Selatan untuk menjalin kerjasama di bidang kelautan dan ketahanan pangan, Selasa (11/2/2020).

Dalam MoU yang dilakukan dengan Unhas tersebut, Khofifah ingin agar ada kerjasama antara Pemprov Jatim dan Unhas khususnya untuk mengembangan petik olah kemas jual produk hasil laut dan agrobisnis Jawa Timue.

"Di Jatim kita punya problem pada penguatan petik kemas olah jual. Di sini ada teaching industry di Unhas. Maka kami berharap proses petik olah kemas jual ini bisa menguatkan Jawa Timur, terutama di proses packaging yang hari ini menjadi sangat penting," kata Khofifah.

Ia mencontohkan produk hasil olahan makanan dari Jepang dan Taiwan.

Produk hasil olahan Jepang dan Taiwan terkenal dengan packagingnya yang baik, menarik dan tentunya terjaga higienitasnya.

Kemasannya bagus, biasanya dikatakan Khofifah jangkauan pembeli produk jadi lebih luas. Dan produknya juga akan bertahan lama.

"Dari teaching industry yang ada di Unhas ini, Jawa Timur akan dapat penguatan pada proses petik olah kemas jual. Tidak hanya di bidang kelautan saja. Tapi juga akan ada kaitannya dengan sektor agro, misalnya potensi Jawa Timur rumput laut," imbuhnya.

Dengan adanya perhatian khusus di proses petik, olah, kemas, dan jual ini, Khofifah menyebut akan muncul sekmen pasar.

Dari olahan yang bermacam-macam diharapkan akan ada proses temu-kenal sekmen pasar yang berkemasan apa untuk pasar yang mana. Misalnya yang berkemasan plastik, alumunium foil dan lain-lain.

"Pantai Jawa Timur itu luar biasa. Terutama pantai selatan kita, potensinya tinggi sekali. Tidak hanya lobster ya yant terkenal, yang jelas kita ingin downstream produk laut kita bisa lebih bervariasi dari proses petik olah kemas jual ini," pungkas Khofifah.

MoU antara Pemprov Jawa Timur dengan Unhas Makassar dilakukan oleh Gubernur Khofifah dan Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA.

MoU itu menjadi salah satu rangkaian kegiatan kunjungan Khofifah ke Unhas dalam rangka menghadiri penerimaan jabatan professor pada kakak ipar Gubernur Khofifah yakni Prof Dra Dian Anggraece Sigit Parawansa MSi PhD.

Beliau menerima gelar guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar.

Selain itu di Unhas, Khofifah juga berkesempatan memberikan kuliah umum pada mahasiswa dengan tema menjadi pemimpin di era revolusi industri 4.0.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved