Sambang Kampung

Karang Taruna di Margorejo Surabaya Sulap Ban Bekas Jadi Lebih Bernilai

Di tangan karang taruna RW 7 Kelurahan Margorejo, Surabaya, ban mobil yang sudah tak lagi terpakai disulap menjadi barang yang lebih bermanfaat.

SURYA.co.id | SURABAYA - Di tangan karang taruna RW 7 Kelurahan Margorejo, Surabaya, ban mobil yang sudah tak lagi terpakai disulap menjadi barang yang lebih bermanfaat. Salah satunya menjadi tempat duduk.

"Kami memang sedang giat untuk mengolah sampah, utamanya sampah non organik. Termasuk sampah berupa ban yang sering kami temui di jalan," ungkap Eddie Kus, ketua RW 7 Kelurahan Margorejo Surabaya.

Komponen kaki pada mobil tersebut disulap menjadi kursi yang nyaman. Material karet pada ban, membuatnya empuk saat diduduki.

Di RT 2 dan RT 3 RW 7 Kelurahan Margorejo, kursi-kursi jam tersebut dikumpulkan di satu area. Biasanya, digunakan untuk berkumpul dan bersantai bersama.

"Biasanya kalau ada kumpul, warga duduk di sini. Karena enak, jadi digunakan sebagai tempat pertemuan. Kadang kalau santai juga duduk-duduk di sini," tutur Eddie.

Tak jauh dari tempat duduk tersebut, tampak buku berjajar rapi dalam sebuah rak. Anak-anak biasanya datang untuk belajar atau sekadar membaca buku.

"Kami berupaya sebaik mungkin untuk memanfaatkan sampah, daripada dibuang. Bannya juga kami mencari sendiri. Kadang kan tergeletak di jalan-jalan," kata Eddie.

Untuk satu tempat duduk, membutuhkan sepasang ban yang ditumpuk dan kemudian dikaitkan satu sama lain.

Lubang pada ban yang berada di tumpukan atas, dianyam menggunakan tali tampar. Beberapa di antaranya dilapisi lagi dengan kayu triplek.

Tak sekadar polos, kursi tersebut dipercantik dengan berbagai motif dan warna. Mulai dari karakter kartun seperti Hello Kitty sampai motif floral dan bentuk-bentuk asimetris.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved