Berita Madiun

Tugu Mirip Palu Arit di Diprotes, Pemkab Madiun Minta JNK Desain Ulang

Saat ini Pemkab Madiun terus berupaya merubah stigma masyarakat di luar Madiun yang menganggap Madiun sebagai basis PKI.

SURYA.co.id/Rahadian Bagus
Tugu iconic PT JNK yang menjadi kontroversi karena dianggap mirip dengan palu arit. 

SURYA.co.id | MADIUN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun meminta PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) mendesain ulang tugu iconic di Simpang Susun (SS) Gerbang Tol (GT) Madiun, karena disebut mirip dengan lambang palu arit.

Permintaan Pemkab Madiun untuk mendesain tugu tersebut, setelah adanya protes dari sejumlah kalangan masyarakat yang meminta tugu tersebut dibongkar.

"Sebaiknya disesuaikan agar tidak menimbulkan kegaduhan dan tidak menjadi kontraproduktif. Jangan sampai keberadaan tugu tersebut menimbulkan kegaduhan," kata Kepala Kesbangpoldagri Kabupaten Madiun, Sigit Budiarto, Selasa (11/2/2020) pagi.

Dia berharap, desain yang baru nanti dapat mencerminkan ciri Kabupaten Madiun sebagai Kampung Pesilat Indonesia. Meski demikian, desain ulang tugu itu nantinya menjadi kewenangan PT JNK.

"Dari hasil pertemuan dengan perwakilan PT JNK, mereka menyanggupi untuk mendesain ulang. Harapan kami tampilan tugu bisa melambangkan Kabupaten Madiun sebagai kampung pesilat Indonesia," kata Sigit.

Sigit menambahkan, seminggu sebelumnya sudah dilakukan pertemuan antara masyarakat yang menolak tugu tersebut dengan PT JNK, dihadiri polri dan TNI.

Dari hasil pertemuan itu, disepakati untuk mencari solusi terkait polemik tugu tersebut.
Sigit mengatakan, sesuai dalam sejarah, Kabupaten Madiun merupakan korban kekejaman PKI dan bukan sebagai pelaku.

Saat ini Pemkab Madiun terus berupaya merubah stigma masyarakat di luar Madiun yang menganggap Madiun sebagai basis PKI.

Oleh sebab itu, persoalan tugu iconic JNK yang disebut mirip palu arit harus segera diselesaikan.

Diberitakan sebelumnya, PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) memberi tanggapan mengenai tugu di Simpang Susun Gerbang Tol Madiun yang dianggap mirip dengan Palu Arit.

Halaman
12
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved