Sambang Kampung

RT3 RW 7 Kelurahan Kalirungkut Surabaya Pertama Kali Ikut Lomba Lingkungan

Kreasi Bonsai karya warga RT 3 RW 7 Kelurahan Kalirungkut yang memilih untuk taman edukasi meski pernah ditawar hingga 1,5 juta.

RT3 RW 7 Kelurahan Kalirungkut Surabaya Pertama Kali Ikut Lomba Lingkungan
surya.co.id/ahmad zaimul haq
KREASI BONSAI - Kreasi Bonsai karya warga RT 3 RW 7 Kelurahan Kalirungkut yang memilih untuk taman edukasi meski pernah ditawar hingga Rp 1,5 juta. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Warga RT 3 RW7 Kelurahan Kalirungkut sejak tahun lalu mulai giat mengubah lingkungannya menjadi hijau.

Pasalnya sejak tahun lalu warga kampung diminta mengikuti lomba lingkungan.

Dewi Kumalayanti, Kader Lingkungan mengungkapkan giat lomba lingkungan membuat warganya cukup bersemangat untuk memperbaiki kampung.

Dengan swadaya dan kerjasama, warga akhirnya menggelar kerja bakti.

Serta mulai menambah tanaman di halaman rumahnya.

"Ada giat lomba kebersihan, jadi warga bersih-bersih. Kerja bakti karena pingin nuansa baru di kampung. Sudah lama lomba kebersihan nggak ada, adanya lomba agustusan ya anak-anak saja buat hiburan,"ungkap wanita yang akrab disapa Yanti ini.

Menurutnya, banyak warga yang berinisiatif membeli tanaman dan dibuat taman gantung.

Ada juga yang digalang RT untuk membeli tanaman dan dibagikan ke setiap rumah.

"Kami buat minimal 1 rumah 10 tanaman. Kami tingkatkan juga keindahannya dengan mengecat dan nambah lampion," paparnya.

Meskipun tidak semua warga merupakan warga Surabaya, bahkan dominan warga kos-kosan kegiatan membangun lingkungan di RT 3 RW 7 berjalan dengan antusias.

" Kami masuk 500 besar kampung dengan lingkungan terbaik, padahal sudah lama nggak ada lomba. Jadinya semua warga semangat ikut bangun kampungnya," ujarnya.

Sumartiningsih, warga kampung mengungkapkan rasa ikut memiliki dan keinginan tinggal di lingkungan yang bersih membuatnya berupaya ikut serta dalam kegiatan di kampung.

"Kalau saya ikut menjg lingkungan,saya sendiri yang menikmati. Lagi pula biar kesannya nggak kumuh meskipun di sini banyak kos-kosan," pungkasnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved