Berita Surabaya

Dindik Jatim Luncurkan SMA Double Track Mandiri

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur meningkatkan jumlah SMA Double Track sehingga bisa membekali lulusan dengan soft skill.

SURYA.co.id | SURABAYA - Upaya peningkatan pendidikan Vokasi terus dilakukan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Salah satunya dengan meningkatkan jumlah SMA Double Track sehingga bisa membekali lulusan dengan soft skill.

Salah satu upaya peningkatan peserta sekolah SMA Double Track yaitu dengan meresmikan SMA Double Track Mandiri di sela rapat koordinasi SMA negeri dan Swasta Se-Jatim di Hotel Mercure, Selasa (11/2/2020).

Kepala Bidang Pembinaan SMA, Ety Prawesti mengungkapkan, SMA Double Track Mandiri dibentuk untuk mewadahi SMA yang berniat memiliki output produk tanpa bantuan APBD. Pasalnya telah ada sejumlah sekolah yang berhasil memanajemen sekolahnya hingga menghasilkan produk.

"Kami akan membantu sekolah agar bisa terhubung dengan DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri) dan juga ITS. Karena para siswa yang sudah memiliki ketrampilan bisa disertifikasi dengan sertifikat yang diakui Dindik Jatim, ITS dan DUDI,"paparnya.

Untuk bisa mendirikan SMA Double Track Mandiri, sekolah minimal telah memiliki konsep usaha yang akan dijalankan. Sehingga pembinaan bisa dilakukan dengan lebih intens.

Zainallah, guru SMA Unggulan Hafsha Zaha Probolinggo mengungkapkan, sekolahnya menjdi salah satu sekolah yang mendaftar sebagai SMA Double Track Mandiri.

Dengan sejumlah usaha yang dijalankan sekolah sejak dua tahun lalu, sekolah masih minim pemasaran hasil usaha tata boga siswanya.

"Produk kami masih dipasarkan lewat program one produk one pesantren. Tapi masih minim, harapannya dengan ikut program double track kami bisa melebarkan pemasaran kami,"ujarnya.

Kesiapan produk dikatakan Zainal sudah matang, apalagi untuk produk brownies dari umbi Suweg sudah memiliki sertifikat halal dan PIRT.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved