Berita Trenggalek

Pesan Pentingnya Penguatan Perempuan dalam Musrenbang Kecamatan di Trenggalek

Penguatan terhadap perempuan harus didukung oleh semua pihak di Kabupaten Trenggalek. Salah satu bentuknya dengan penyetaraan gender.

Pesan Pentingnya Penguatan Perempuan dalam Musrenbang Kecamatan di Trenggalek
surabaya.tribunnews.com/aflahul abidin
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek, Novita (kanan) saat mengikuti Musrenbang Kecamatan Bendungan, di Kawasan Wisata Putri Maron, Senin (10/2/2020). 

SURYA.co.id| TRENGGALEK - Penguatan terhadap perempuan harus didukung oleh semua pihak di Kabupaten Trenggalek.

Salah satu bentuknya dengan penyetaraan gender. Hal tersebut dianggap penting karena perempuan bukan hanya pelengkap, tapi juga mampu memberi "energi" dalam keluarga.

Hal tersebut ditekankan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek, Novita, dalam kegiatan Musyawarah dan Pengembangan (Musrenbang) Kecamatan Bendungan, di Kawasan Wisata Putri Maron, Senin (10/2/2020).

"Musrenakeren yang diselenggarakan beberapa waktu lalu itu sebagai suatu bentuk wadah aspirasi perempuan dan kelompok rentan yang tersistematis," kata Novita.

Ia menyebut, peran perempuan penting dalam rumah tangga. Mereka mendidik anak dan mengelola keluarga.
Jika itu tak dijalankan dengan tepat, bisa menjadi "bencana" bagi keluarga.

"Penguatan perempuan dapat membangun keluarga dengan baik, perbaikan kualitas gizi keluarga, penguatan kualitas sumberdaya manusia, maupun pendidikan anak," tutur dia.

Ia menjelaskan, Pemkab Trenggalek tahun ini bekerjasama dengan United States Agency for International Development atau USAID.

Melalui rumah perempuan, pemkab dan lembaga itu berikhtiar mewujudkan 2 ribu pengusaha perempuan baru.

"Program ini diharapkan akan memperkuat peran perempuan di tengah keluarga. Sehingga angka stunting dapat ditekan, terdapat peningkatan kualitas SDM. Larena kualitas keluarga meningkat bila perempuan ikut berperan," ujarnya.

Perwakilan dari Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan Kemiteraan Pemerintah Australia Indonesia (Kompak), Bovi Vila sepakat dengan pernyataan Novita.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved