Berita Pamekasan

Peringati HPN 2020, Forum Wartawan Pamekasan Gandeng Relawan Tanam 1.000 Pohon Mangrove

Acara ini sebagai bentuk komitmen anggota pers untuk mewujudkan green Indonesia.

Peringati HPN 2020, Forum Wartawan Pamekasan Gandeng Relawan Tanam 1.000 Pohon Mangrove
tribun jatim/kuswanto ferdian
Suasana saat ribuan siswa serta para relawan dan pemerintah saat melakukan penanaman 1000 pohon mangrove, Minggu (9/2/2020) 

SURYA.co.id | PAMEKASAN - Forum Wartawan Pamekasan (FWP) bekerjasama dengan sejumlah relawan dan pemerintah, menanam 1000 bibit pohon mangrove di Pantai Tlanakan, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Minggu (9/2/2020) kemarin.

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020,

Acara tersebut melibatkan anggota Polri, aparatur pemerintah, sejumlah siswa SMA dan SMP serta para relawan penanggulangan bencana, FRPB dan kelompok peduli lingkungan.

Ketua FWP Dedy Priyanto mengatakan, melalui aksi penanaman pohon mangrove ini, pihaknya ingin menunjukkan bahwa insan pers juga bisa ikut berpartisipasi untuk kepentingan masyarakat yaitu dengan cara menanam mangrove dan bersih-bersih pantai.

"Inilah lingkungan laut kita dan sumber daya alam kita yang harus tetap kita jaga," kata Dedy, Senin (10/2/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pamekasan, Amin Jabir mengatakan, acara ini sebagai bentuk komitmen anggota pers untuk mewujudkan green Indonesia.

"Karena menurut pemerintah pusat dalam hal ini pak Presiden, green Indonesia itu harus dimulai dari kabupaten, dan ternyata FWP memulainya," ujarnya.

"Kami berharap kegiatan ini bisa dilakukan secara berkesinambungan oleh FWP di hari pers atau hari lingkungan hidup bekerjasama dengan kami dan para penggiat lingkungan," sambung dia.

Tidak hanya itu, Jabir berharap di HPN 2020 kali ini, kepada para insan pers yang tergabung dalam Forum Wartawan Pamekasan agar tidak hanya berkontribusi untuk mengawal pemerintahan.

Melainkan, juga mengembangkan sayapnya untuk peduli lingkungan.

Sedangkan, Wahyudi anggota FRPB Pamekasan mendukung penuh kegiatan penanaman 1000 pohon mangrove tersebut.

Menurutnya, FRPB tetap berkomitmen dalam partisipasi dan inisiasi gerakan kemanusiaan dan lingkungan.

"Stakeholder manapun yang sejalan dengan semangat dan akuntabel, pasti akan kita ajak bersinergi bersama dengan semangat mandiri, profesional dan solidaritas," ucapnya.

Endang Tri Wahyurini, Ketua Kelompok Peduli Mangrove Madura (KPMM) mengaku sangat bangga, karena kegiatan penanaman 1000 pohon mangrove ini sangat besar.

"Penanaman mangrove dan bersih-bersih di pantai disini sangat luar biasa, rekan-rekan wartawan ternyata peduli juga terhadap lingkungan, tidak hanya meliputi berita tetapi juga mengadakan event ini bekerja sama dengan kami juga dengan anak-anak sekolah, masyarakat kemudian lembaga-lembaga yang dilibatkan," apresiasianya.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved