Berita Blitar

Diduga Salah Urus, Pohon Beringin Tua Ikon Alun-alun Kota Blitar Mati Mengering

Pohon beringin yang diketahui sudah ada sejak zaman pra Kemerdekaan itu menjadi ikon di Alun-alun Kota Blitar. Kini kondisinya mengenaskan

SURYA.co.id/Samsul Hadi
Kondisi batang pohon beringin tua di tengah Alun-alun Kota Blitar kering, Senin (10/2/2020). 

SURYA.co.id | BLITAR - Diduga karena salah urus, pohon beringin tua di tengah Alun-alun Kota Blitar mengering dan mati.

Pohon beringin yang diketahui sudah ada sejak zaman pra Kemerdekaan itu menjadi ikon di Alun-alun Kota Blitar. Warga biasa menyebut pohon beringin itu dengan nama Ringin Kurung.

Saat ini pohon tersebut kondisinya mengenaskan, kondisi batang pohonnya sudah kering dan bagian dahannya pun juga habis dipotong.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Blitar, Pande Ketut Suryadi mengatakan, sebelum mati pohon beringin itu sempat dipangkas bagian dahannya. Pemangkasan dilakukan secara total sampai semua daunnya tidak ada.

Pemangkasan dahan pohon beringin dilakukan ketika musim kemarau panjang. Karena terus kepanasan dan bagian daunnya tidak ada akhirnya batang pohon beringin tua itu kering dan mati.

"Kemarin dilakukan pemangkasan dahannya karena pohon beringin itu digunakan sarang burung kuntul. Banyak kotoran burung dan berbau, makanya kami pangkas dahannya," kata Pande, Senin (10/2/2020).

Pande mengatakan, DLH akan mengganti pohon beringin yang mati itu dengan pohon beringin baru.

Rencananya, penggantian pohon beringin di Alun-alun dilakukan Februari 2020 ini.

Untuk pohon beringin lama yang sudah mati akan dibongkar.

"Bulan ini rencananya akan kami ganti dengan pohon beringin baru," ujar Pande.

Plt Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan pohon beringin di tengah Alun-alun mati karena salah urus. Bagian dahan pohon beringin dipangkas ketika musim kemarau panjang. Selain itu, pohon beringin itu kurang penyiraman sehingga menjadi kering dan mati.

"Ketika musim kemarau panjang, dahannya dipangkas, kurang penyiraman juga akhirnya mati," katanya.

Santoso sudah meminta DLH untuk segera mengganti pohon beringin yang sudah mati itu. Santoso mengusulkan ke DLH agar mencari pohon beringin putih sebagai pengganti pohon beringin lama yang sudah mati.

"Saya usulkan ke DLH agar diganti pohon beringin putih, agar suasana spiritualnya terasa. Mudah-mudahan DLH dapat pohon beringin putih," ujarnya.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved