Lifestyle

Urban Athletes Hadirkan Tempat Gym Pertama untuk Anak-anak di Surabaya

Anak-anak mengikuti kelas Urban Athlete Junior pada pembukaan Urban Athletes Klub yang keempat di Lenmarc Mall Surabaya, Minggu (9/2/2020).

Urban Athletes Hadirkan Tempat Gym Pertama untuk Anak-anak di Surabaya
surya.co.id/habibur rohman
ATHLETE JUNIOR - Anak anak mengikuti kelas Urban Athlete Junior pada pembukaan Urban Athletes Klub yang keempat di Lenmarc Mall Surabaya, Minggu (9/2/2020). Kelas Junior ini merupakan yang pertamakali diantara Urban Athletes yang lain dengan peserta anak usia 1 hingga 12 tahun. 

SURYA.co.id | Surabaya - Kegemaran berolahraga memang patut ditanamkan sejak anak berusia dini. Apalagi, gerakan-gerakan yang dilakukan saat berolahraga, mampu menjadi stimulus untuk motorik anak

Hal itu yang kemudian diperhatikan oleh Urban Athletes saat menghadirkan tempat gym khusus untuk anak-anak.

Verawaty Budiyanto selaku Chief Executive Officer Urban Athletes menyebutkan banyak manfaay yang didapat anak apabila mereka sering berolahraga.

"Selain mendapat pertumbuhan fisik yang baik, olahraga akan membuat anak-anak memperbaiki suasana hati dan meningkatkan rasa percaya diri. Nah, tambahannya ketika anak-anak melakukan olahraga secara kelompok, juga akan mengajarkan mereka berkomunikasi dengan baik,  mengambil keputusan, dan berkomitmen," jelas Vera.

Vera merasa, selama ini banyak orang tua yang secara tak sadar mencontohkan kebiasaam buruk pada anaknya seperti sering duduk, jarang bergerak, bahkan memberi akses gadget. Hal itu kemudian membuat anak tak bisa bergerak aktif.

"Jadi saya pinginnya tempat gym ini tak hanya baik untuk kesegaran jasmani, peningkatan interaksi sosial, namun juga mengasah skill interpersonal mereka," terangnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ivana Krisyanti, salah satu orang tua yang juga mengantarkan anaknya dalam soft opening Urban Athletes Junior, di lantai 1 Lenmarc Mall Surabaya.

Bagi Ivana, kegiatan olahraga penting ditanamkan pada anak sejak dini. Selain untuk kesehatan, juga untuk meningkatkan sistem motorik, yang kadang hanya bisa terangsang ketika melakukan kegiatan.

"Anak-anak saya usianya memang baru berusia di bawah lima tahun, tapi saya sering mengajak mereka melakukan aktivitas di luar rumah seperti berolahraga. Karena di usia itu, anak masih butuh rangsangan untuk meningkatkan motorik mereka," ungkapnya.

Di Urban Athletes Junior, anak-anak tak akan diajarkan olahraga berat yang seperti dilkukan orang dewasa.

Mereka akan diajarkan zumba, kpop dance, hiphop dance, mua thai, dan kick boxing, yang semuanya khusus untuk anak dan didampingi pelatih bersertifikasi.

Dwi susanti, salah satu coach Urban Athletes mengaku tak memiliki trik khusus untuk mengarahkan anak-anak agar tetap fokus.

Ia bahkan memiliki tiga kunci andalan untuk mengahadapi anak di antaranya, sabar, kreatif, dan jeli.

"Di sini karena fokusnya bukan untuk menjadi atlet, kami hanya memberikan gerakan-gerakan yang fleksibel untuk mencipatakan koordinasi yang baik antara mata dan tangan atau kaki dan tangan anak," ujar Dwi Susanti.

Penulis: Akira Tandika
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved