Breaking News:

Berita Jember

Pohon Trembesi Tumbang Menimpa 2 Pengendara Motor di Jember

Hujan disertai angin kencang menumbangkan sebuah pohon trembesi di Jl Raya Jember - Bondowoso dan menimpa 2 pengendara motor

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
ist/Pusdalops PB Jember
Pemotongan pohon tumbang di Kecamatan Jelbuk, Jl Raya Jember-Bondowoso. 

SURYA.co.id | JEMBER - Hujan disertai angin kencang menumbangkan sebuah pohon trembesi di Jl Raya Jember - Bondowoso, Dusun Tengi Barat, Desa/ Kecamatan Jelbuk, Jember, Minggu (9/2/2020).

Pohon tumbang itu menimpa pengendara sepeda motor yang melintas di jalan tersebut.

Dari data yang disampaikan Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, dua orang pengendara sepeda motor terluka akibat tertimpa pohon tumbang itu.

Keduanya bernama Fauzan Irfan (20) dan Heru Hermawan (17), keduanya warga Kecamatan Kaliwates.

Fauzan terluka cukup parah. Seusainya dirawat di Puskesmas Jelbuk, dia dirujuk ke RSD dr Soebandi Jember. Sedangkan Heru mengalami luka ringan.

Setelahnya, Tim Reaksi Cepat dibantu warga sekitar membersihkan pohon yang tumbang supaya tidak mengganggu arus lalu lintas.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo menyarankan kepada pengendara untuk menepi dan tidak melanjutkan perjalanan saat terjadi hujan lebat disertai angin kencang.

"Menepi di tempat yang aman," ujar Heru.

Pengendara tertimpa pohon tumbang bukan kali ini saja terjadi di Jember. Sebelumnya sebuah mobil juga tertimpa pohon tumbang di Jl Mayjen Panjaitan di musim penghujan 2019 - 2020 ini. Ketika itu, hujan juga disertai angin kencang terjadi.

Sementara itu, hujan yang turun di Kabupaten Jember sejak Sabtu (8/2/2020), dan berlanjut Minggu (9/2/2020) membuat debit air Sungai Gila di Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo naik. Bahkan air sungai meluap ke jalan desa di SDN Sumbersalak 02 Kecamatan Ledokombo.

Air meluap akibat aliran sungai tersumbat sampah. Air yang mengalir di Sungai Gila itu berwarna gelap pekat, dan semakin cokelat di kawasan hilirnya.

DAS yang banjir merupakan kawasan hulu yakni di Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo. Sungai ini berhulu di Gunung Raung. Alirannya melewati sejumlah kecamatan sampai bermuara ke laut selatan.

Pukul 13.30 Wib, air yang meluap ke jalanan desa sudah surut dan teratasi. Air berwarna pekat itu mengalir keseluruhan ke aliran Sungai Gila atau gileh, demikian warga setempat menyebutnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved