Pilwali Surabaya 2020

Nama Calon Wakil Walikota Pendamping Machfud Arifin Paling Lambat Diumumkan Maret

Nama Calon Wakil Walikota Surabaya pendamping Machfud Arifin masih menjadi teka-teki. Paling lambat nama tersebut akan diumumkan Maret 2020.

Nama Calon Wakil Walikota Pendamping Machfud Arifin Paling Lambat Diumumkan Maret
surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Partai Gerindra Surabaya merayakan peringatan hari ulang tahun ke-12 di Surabaya, Minggu (9/2/2020) dengan dihadiri bakal Calon Walikota yang juga diusung Gerindra, Machfud Arifin. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Nama Calon Wakil Walikota Surabaya pendamping Machfud Arifin masih menjadi teka-teki. 

Paling lambat, nama tersebut akan diumumkan pada Maret mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Gerindra Surabaya, BF Sutadi. Menurutnya, nama Wakil tersebut akan diumumkan paling lambat saat pemberian rekomendasi resmi dari Gerindra yang akan diberikan bersamaan dengan Kongres Gerindra Maret mendatang.

"Rekomendasi Gerindra akan diberikan saat Kongres. Rekomendasi tersebut diberikan untuk seluruh calon yang sedang pilkada di seluruh Indonesia, in sha Allah termasuk Surabaya," kata Sutadi kepada jurnalis ketika dikonfirmasi di Surabaya, Minggu (9/2/2020).

Sutadi mengungkapkan bahwa rekomendasi diberikan untuk pasangan calon, bukan perorangan. "Tradisi kami, rekomendasi untuk pasangan. Sehingga, nanti sudah diketahui pasangan dari Pak Machfud," katanya.

Pihaknya berharap bahwa nama Calon Wakil Walikota tersebut tak keluar dari rekomendasi yang disampaikan Gerindra. Yakni, Gamal Albinsaid dan KH Zahrul Azhar Asumta As'ad (Gus Hans).

"Kami punya dua nama, Gamal dan Gus Hans. Sekalipun, Gus Hans kader Golkar, namun kepentingan untuk warga Surabaya di atas kepentingan partai," tegasnya.

Sekalipun demikian, pihaknya menyerahkan keputusan akhir soal nama Wakil Walikota kepada Machfud atas persetujuan partai pengusung lainnya. "Kesepakatan kami, kami menyerahkan kepada Pak Machfud atas persetujuan partai pengusung," tegasnya.

Pun apabila nama Wakil Walikota tersebut berasal dari luar usulan Gerindra, pihaknya akan siap mendukung. "Kalau itu menjadi bagian keputusan, berarti sudah melalui proses. Kami akan hormati," katanya.

Menurutnya, di dalam memilih Calon Wakil Walikota, Machfud juga telah menyiapkan sejumlah kriteria. Di antaranya, membantu pemenangan di Pilkada Surabaya.

"Tolok ukurnya bisa dilihat dari beberapa macam. Di antaranya, basis massa, basis kompetensi, dan modal uang sebagai pendanaan. Semuanya penting," tegas mantan Calon Walikota Surabaya di Pilkada 2010 ini.

Untuk diketahui, dari lima partai pengusung, masing-masing menyiapkan sejumlah nama. Di antara nama-nama tersebut adalah Gamal Albinsaid, Hariyanto, dan KH Zahrul Azhar Asumta As'ad (usulan Gerindra). Kemudian, PAN juga memasukkan nama Hariyanto.

PKB pun mengusulkan tiga nama. Di antaranya, Chamelia Habibah, Laila Mufida, hingga Mujiaman Sukirno. Dari Demokrat, ada nama Herlina Harsono. Sedangkan PPP turut mengusulkan dua nama (Lia Istifhama dan Buchori Imron).

Jumlah tersebut masih bisa bertambah, mengingat masih adanya peluang partai lain yang akan bergabung. Besar kemungkinan, partai tersebut juga akan membawa usulan nama. 

Gerindra Siap Menangkan Machfud Arifin di Pilkada Surabaya Seperti Anies Baswedan

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved