Berita Ekonomi Bisnis

Konsumen Mulai Lirik Elektronik yang Gunakan Teknologi Internet

PT Sharp Indonesia telah meluncurkan produk elektronik yang terkoneksi dengan internet dalam pameran di Pakuwon Mall Surabaya.

Konsumen Mulai Lirik Elektronik yang Gunakan Teknologi Internet
surya.co.id/sri handi lestari
Tiga produk elektronik Sharp menggunakan teknologi AIoT saat didemokan pada pameran di Pakuwon Mal, Surabaya, Sabtu (8/2/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Teknologi internet yang mulai dibenamkan ke produk elektronik mulai dicari oleh konsumen.

Hal itu diakui PT Sharp Indonesia yang telah meluncurkan produk elektronik yang terkoneksi dengan internet.

"Respons konsumen terhadap produk dengan AIoT, sebutan kami bagi produk Sharp dengan koneksi internet cukup positif. Rata-rata secara nasional antara 3.000-5.000 unit per bulan," jelas Agus Soewadji, Marketing Communication Assistant General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, di sela pameran Sharp AIoT World di Surabaya, Sabtu (8/2/2020).

Teknologi AIoT merupakan teknologi pintar yang menggabungkan antara Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT).

Gabungan keduanya kemungkinan produk elektronik Sharp diakses melalui satu aplikasi yang terhubung dengan internet dan bluetooth atau bahkan melalui perintah suara.

Dalam pameran yang digelar sejak Rabu (5/2/2020) tersebut, elektronik yang terhubung dengan teknologi AIoT antara lain televisi (TV), Air Conditioner (AC) dan Air Purifier atau penjernih udara ruangan.

Agus menyebutkan, produk-produk itu terkoneksi dengan WiFi dan smartphone atau gadget.

"Dari tiga jenis itu, yang paling banyak masih televisi LED atau smart TV. Sekitar 80 persen. Dan saat ini sudah masih segmen menengah dengan pilihan mayoritas ukuran 32 inci," jelas Agus.

Sementara untuk pasar di Surabaya dan Jatim, Agus memiliki catatan, kontribusi penjualan dari produk AIoT sekitar 15 persen, dengan 80 persen TV LED atau sekitar 300 unit per bulan.

Kedepan, Agus mengaku pihaknya optimis respon pasar akan semakin positif.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved