Berita Pacitan

Museum SBY Akan Dibangun di Pacitan

"Puji syukur, Museum dan Galeri SBY akan segera dibangun. Semakin berkesan, karena acara groundbreaking dihadiri langsung oleh Bapak SBY,”

surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Ilustrasi Pacitan, Kota kelahiran SBY 

SURYA.co.id, SURABAYA – Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan akan berkunjung ke Pacitan pada 20 hingga 24 Februari 2020 mendatang.

Di dalam rangkaian kunjungan di ’Kota Seribu Goa’, SBY berencana menghadiri acara peletakan batu pertama (groundbreaking) Museum dan Galeri Seni SBY.

”Puji syukur, Museum dan Galeri SBY akan segera dibangun. Semakin berkesan, karena acara groundbreaking dihadiri langsung oleh Bapak  SBY,” kata Ketua Fraksi Demokrat di DPRD Jawa Timur, Sri Subiati kepada jurnalis ketika dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (7/2/2020).

Perencanaan Museum SBY sebenarnya telah mulai disiapkan sejak lama. Sejumlah persiapan pembangunan disiapkan, mulai dari pencarian lokasi dan penyusunan detail engineering design (DED).

Dikutip dari sejumlah informasi, bangunan museum tersebut akan dibagi menjadi 20 tema besar yang akan menampilkan keunikan dan ciri khas berbeda di tiap temanya.

Setiap tema akan bercerita sejak SBY lahir dan besar di Pacitan. Kemudian, menempuh pendidikan militer di Akabri, menjalani berbagai pendidikan dan penugasan militer, hingga pernah menjadi menteri.

Yang tak kalah menarik, pengalaman SBY yang juga Ketua Umum Partai Demokrat ini kala ikut berkompetisi dan terpilih di Pilpres 2004. Ada pula sisi museum yang bersifat tematis berisi pernik 10 tahun masa pemerintahan SBY yang sarat dengan pengetahuan dan wawasan serta beberapa tema humanis seperti keluarga SBY dan perpustakaan pribadi.

Ketua DPP partai Demokrat, Jansen Sitindaon, bahkan pernah mengungkapkan satu di antara koleksi museum ini nantinya adalah mobil dinas yang dipakai SBY ketika menjadi Komandan Brigif Linud 17 Kujang. Selain itu, ada pula mobil yang dipakai SBY selama lima tahun saat bertugas di Timor Timor

Selain Museum SBY, ada pula Galeri Seni Ani Yudhoyono akan berisi koleksi seni yang dimiliki oleh SBY dan almarhumah Ibu Ani Yudhoyono. Di antaranya, lukisan, patung, kain batik, kain tenun dan benda seni lainnya.

Sri Subiati optimistis pembangunan museum dapat menjadi pengungkit ekonomi di Pacitan dan Jatim secara umum. "Hal ini menjadi pengungkit ekonomi. Termasuk, menguatkan identitas Pacitan sebagai kota kota wisata," pungkas Anggota Dewan dari Dapil Jatim IX yang membawahi Pacitan dan sekitarnya ini.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved