Risma Dilaporkan ke Ombudsman Seusai Maafkan Zikria Dzatil, Adhie M Massardi : Pejabat Jangan Baper

Kepala Perwakilan Ombudsman Jatim, Agus Widiyarta mengatakan, ada orang laporkan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini ke Ombusdman soal kasus 'kodok'.

SURYA/Nuraini Faiq dan Firman Rachmanuddin
Risma Dilaporkan ke Ombudsman Seusai Maafkan Zikria Dzatil, Adhie M Massardi : Pejabat Jangan Baper 

SURYA.co.id - Kepala Perwakilan Ombudsman Jawa Timur, Agus Widiyarta mengatakan, ada orang yang melaporkan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini ke Ombusdman terkait kasus 'kodok'.

Namun, Agus enggan menyebutkan siapa yang melaporkan Risma. Risma mengaku telah melaporkan Zikria Dzatil ke polisi setelah mengunggah kalimat tak pantas.

"Maaf saya tidak bisa menyebut siapa pelapornya," kata Agus, saat dikonfirmasi Kompas.com melalui telepon, Rabu (5/2/2020).

Seperti diketahui, penangkapan wanita Bogor atas nama Zikria Dzatil setelah mengunggah kalimat bernuansa hinaan kepada mak e arek Suroboyo.

Meski Zikria Dzatil sudah minta maaf melalui tiga lembar surat, dan Risma telah memaafkan, namun, wali kota Surabaya perempuan pertama itu enggan meneui Zikria Dzatil.

"Saya maafkan yang bersangkutan, saya sebagai manusia, beliau juga manusia. Kalau dia sudah minta maaf, maka saya wajib memberikan maaf," kata Risma.

Meski sudah memaafkan penghina dirinya di media sosial, Risma masih enggan untuk bertemu dengan Zikria Dzatil.

Menyalahgunakan wewenang

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini memperlihatkan surat permohonan maaf dari Zikria Dzatil, Rabu (5/2/2020).
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini memperlihatkan surat permohonan maaf dari Zikria Dzatil, Rabu (5/2/2020). (SURYA.co.id/Nuraini Faiq)

Secara umum, laporan tertulis kepada Ombudsman tersebut berisikan Risma dinilai menyalahgunakan wewenang sebagai Wali Kota Surabaya dalam melaporkan akun Facebok yang disebut menghinanya secara pribadi.

Dalam laporan juga disertakan dasar hukum pasal penghinaan pejabat negara telah dihapus sebagaimana Keputusan Mahkamah Konstitusi 31/PUU-XIII/2015 tentang judicial review Pasal 319.

Halaman
123
Editor: Iksan Fauzi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved