Pilwali Surabaya 2020

PKB Sodorkan Chamelia Habibah dan Laila Mufida Dampingi Machfud Arifin di Pilwali Surabaya

PKB menyodorkan nama Chamelia Habibah dan Laila Mufida untuk jadi pendamping Machfud Arifin di Pilwali Surabaya 2020

PKB Sodorkan Chamelia Habibah dan Laila Mufida Dampingi Machfud Arifin di Pilwali Surabaya
surya.co.id/ahmad zaimul haq
Bakal Calon Wali Kota Surabaya, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin (tengah) memberikan sambutan usai deklarasi di Machfud Arifin Center, Minggu (26/1/2020), Kelima partai adalah PKB, Gerindra, Demokrat, PAN, dan PPP resmi mengusung mantan Kapolda Jatim itu untuk maju pada Pilwali 2020. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Nama Calon Wakil Walikota Surabaya yang akan mendampingi Machfud Arifin belum juga mengerucut. Sebaliknya, masing-masing partai justru menambah alternatif nama yang bisa dipilih bakal calon walikota berlatarbelakang mantan Kapolda Jatim tersebut.

Di antaranya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang ngotot untuk mencalonkan kader internalnya.

"Kami siapkan dua srikandi untuk Pak Machfud Arifin," kata Wakil Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim, Fauzan Fuadi ketika dikonfirmasi di Surabaya, Kamis (6/2/2020).

Dua nama yang diusulkan tersebut adalah Chamelia Habibah dan Laila Mufida. Keduanya juga merupakan kader PKB yang terpilih sebagai Anggota DPRD Surabaya periode 2019-2024.

Di DPRD Surabaya, Laila menjabat Wakil Ketua DPRD Surabaya. Di antara Anggota DPRD Surabaya dari Fraksi PKB lainnya, Laila mendapatkan suara tertinggi dengan memperoleh 11.052 suara dari daerah pemilihan Surabaya III.

Di dapil yang membawahi Kecamatan Bulak, Mulyorejo, Sukolilo, Rungkut, Trenggilis Mejoyo, Wonocolo, dan Gunung Anyar ini, Laila menempati peringkat kedua suara terbanyak. Laila hanya kalah dari Adi Sutarwijono dari PDI Perjuangan (17.431 suara) yang kini menjadi Ketua DPRD Surabaya.

Sedangkan Chamelia saat ini menjadi Wakil Ketua Komisi A DPRD Surabaya yang membidangi politik dan pemerintahan. Chamelia juga merupakan petahana periode sebelumnya dan menjadi peraih suara terbanyak kedua di internal Fraksi PKB maupun di dapilnya (Surabaya II).

"Mbak Chamelia juga bisa menjadi representasi figur perempuan-Madura," terang Fauzan yang juga Ketua Fraksi PKB di DPRD Jatim ini.

Menurut Fauzan, nama-nama tersebut akan diserahkan kepada Machfud Arifin untuk dipilih. "Kami menyerahkan sepenuhnya kepada Pak Machfud dan juga partai koalisi," terangnya.

Dengan masuknya dua nama kader PKB tersebut, maka semakin menambah panjang daftar calon kandidat Wakil Walikota pendamping Machfud. Sebelumnya, PKB Surabaya juga sempat memasukkan nama Direktur Utama PDAM Surya Sembada Surabaya, Mujiaman Sukirno sebagai bacawawali Surabaya.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved