Breaking News:

Berita Kampus Surabaya

Mahasiswa UC Surabaya Lakukan Pencegahan Infeksi Virus Corona dengan Cara begini

Puluhan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra (UC) dari berbagai jurusan mengikuti kegiatan Exercise is Medicine.

Penulis: Zainal Arif | Editor: Parmin
surya.co.id/zainel arif
Dokter Wira memaparkan meteri Pencegahan Infeksi Novel Corona Virus (nCoV) dalam ¬†Exercise is Medicine di Student Launge Universitas Ciputra Surabaya, Kamis (6/2/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Puluhan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra (UC) dari berbagai jurusan mengikuti kegiatan Exercise is Medicine (aktivitas fisik adalah terapi), Kamis (6/2/2020). 

Kegiatan dikemas dalam mini talkshow dengan meteri Pencegahan Infeksi Novel Corona Virus (nCoV) di Student Launge kampus setempat.

Dosen Microbiologi Fakultas Kedokteran, Wira Widjaya Lindarto, dr, SpMK menjelaskan, materi tersebut dipilih karena virus Corona sedang ramai diperbincangkan oleh khalayak.

"Tujuan mini talkshow ini untuk memberikan informasi yang berimbang kepada mahasiswa UC tentang Novel Corona Virus (nCoV) mencakup bagaimana virulensinya, tranmisi, pencegahan transmisi, dan hubungan aktivitas fisik dengan imunitas tubuh," kata Dr. Wira.

"Sehingga Mahasiswa lebih sadar mengenai novel corana virus ini, sekaligus meluruskan informasi salah yang sedang beredar saat ini," imbuhnya.

Dr. Wira berpendapat, Informasi saat ini yang beredar terlalu fokus dengan corona virus padahal masih banyak penyakit infeksius lain yang mengancam di Indonesia seperti TBC, HIV, dan penyakit lainnya.

Selain itu, mereka memberikan sosialisasi cuci tangan yang baik dan benar sesuai dengan standart WHO dengan menggunakan cairan antiseptik.

"Pertama diberikan antiseptik dulu, diratakan di telapak tangan, menelungkupkan tangan bergantian, mengatup dan mengunci tangan, lalu memutar ibu jari bergantian, mengosok ujung-ujung jari bergantian," jelas Dr. Wira.

Bahkan mahasiswa mendapat edukasi bagaimana cara batuk dengan benar.

"Jadi yang bener itu, saat batuk menutup hidung dan mulut menggunakan tisu, apabila tidak ada tisu bisa menggunakan lengan baju," pungkasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved