Breaking News:

Banjir Mojokerto

Warga Minta Pemkab Mojokerto Serius Cari Solusi Efektif Cegah Banjir Tahunan di Desa Tempuran, Sooko

Warga meminta pemerintah daerah lebih serius mencari solusi penanganan banjir tahunan di Dusun Bekucuk dan Dusun Tempuran, Desa Tempuran, Kec. Sooko.

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Parmin
surya.co.id/mohammad romadoni
Kondisi rumah Suminah warg di RT1/RW02 Dusun Bekucuk, Desa Tempuran, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto yang terendam air banjir. 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Warga meminta pemerintah daerah lebih serius mencari solusi penanganan banjir tahunan di Dusun Bekucuk dan Dusun Tempuran, Desa Tempuran, Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto.

Suminah (51) warga Dusun Bekucuk menjelaskan lebih dari tiga hari ini, Rabu (5/1/2020), rumahnya terendam air banjir.

Ketinggian air banjir puncaknya terjadi pada Senin malam (3/2/2020) semakin bertambah hingga masuk ke dalam rumah.

"Ketinggian air banjir secara bertahap sekarang sekitar 15 sentimeter di dalam rumah," ujarnya kepada Surya di lokasi banjir.

Ia mengatakan warga memasang beberapa karung berisi pasir yang ditaruh di depan pintu sebagai tanggul untuk mencegah sampah yang hanyut terbawa arus banjir masuk ke dalam rumah.

"Warga merasakan banjir tahunan ini bertambah parah meskipun ada normalisasi sungai justru banjir terjadi dua kali dalam kurun waktu enam bulan," ungkapnya.

Masih kata Suminah, banjir selama beberapa hari ini sangat berdampak terhadap mobilisasi masyarakat setempat. Mereka tidak bisa bekerja lantaran akses jalan terendam air banjir.

"Suami tidak bisa kerja kan akses terisolir karena banjir, jalan tidak bisa dilewati motor itu  pasti kesulitan masyarakat juga seperti itu," jelasnya.

Menurut dia, terkait pasokan bahan makanan di rumahnya tersedia hingga beberapa hari kedepan. Tapi yang diharapkan masyarakat justru bukanlah pasokan makanan.

"Bantuan jika terjadi ini memang dibutuhkan
tapi yang lebih diharapkan itu solusi efektif pemerintah daerah untuk penanganan banjir supaya tidak terjadi setiap tahunnya," pintanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved