Breaking News:

Gus Sholah Meninggal

Ziarah ke Makam Gus Sholah, Penyanyi Religi Opick: Beliau Selalu Memikirkan Umat dan Bangsa

Opick datang ke makam Gus Sholah didampingi istri serta seorang sahabatnya asal Jombang, Mister Masudin, yang dikenal sebagai terapis saraf telinga

surabaya.tribunnews.com/sutono
Opick (dua dari kiri) bersama istri dan sahabatnya, Mister Masudin berdoa di pusara Gus Sholah didampingi oleh Gus Ipang, putra mendiang Gus Sholah (dua dari kanan, peci hitam). 

SURYA.co.id | JOMBANG - Para pentakziah terus berdatangan ke makam KH Shalahuddin Wahid atau Gus Sholah di Ponpes Tebuireng, Jombang, Selasa (4/2/2020).

Salah satunya yang ziarah adalah penyanyi religi kondang, Opick.

Opick datang ke makam Gus Sholah didampingi istri serta seorang sahabatnya asal Jombang, Mister Masudin, yang dikenal sebagai terapis saraf telinga (pendengaran).

Kedatangan pemilik nama asli Aunur Rofiq Lil Firdaus ini disambut putra Gus Sholah, Irfan Asyari Sudirman Wahid (Gus Ipang) dan Hj Farida Wahid, istri Gus Sholah.

Kepada Gus Ipang dan Hj Farida, Opick kemudian menyampaikan belasungkawa dan berbincang, sebelum rombongan kemudian berdoa di pusara Gus Sholah.

Menurut Opick, mendiang Gus Sholah merupakan sosok luar biasa dan salah satu putra terbaik Indonesia.

"Ada kesedihan mendalam. Mendalam karena seperti Gus Sholah, Mbah Maimun (Zubair), ini orang-orang penting, punjernya bumi. Kita yang muda yang miskin ilmu. Kita nampaknya harus nambahi doa, nambahi tirakat," ungkap Opick, usai berdoa di pusara Gus Sholah.

Opick mengaku terakhir bertemu Gus Sholah saat dirinya konser untuk 'launching' pembangunan Rumah Sakit Hasyim Asyari di lokasi dekat Museum Nusantara Hasyim Asyari, tahun lalu. Rumah sakit itu sendiri sekarang masih dalam proses penyelesaian.

Ketika itu, Opick melihat Gus Sholah masih memiliki cita-cita tinggi membesarkan Pesantren Tebuireng.

Bahkan, sambung Opick, sampai detik-detik terakhirnya pun, setahu Opick, Gus Sholah masih memikirkan umat dengan penuh tulus dan ikhlas.

Sehingga, sosok Gus Sholah ini patut diteladani oleh para santri maupun zurriyah (keluarga pendiri dan penggerak) NU, serta masyarakat pada umumnya.

"Gus Sholah sempat menyampaikan akan membangun gedung rektorat di Pesantren Tebuireng ini. Saya ingat waktu itu konser pembangunan Rumah Sakit Hasyim Asyari, saya dengan Rosa. Pokoknya yang beliau pikirkan itu umat, bukan kepentingan pribadi," tuturnya kepada Surya.co.id.

Usai berdoa di pusara Gus Sholah, Opick segera melanjutkan perjalanan kembali ke Jakarta. "Saya harus kejar pesawat sekarang ke bandara Juanda untuk terbang Jakarta," tuturnya.

Penulis: Sutono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved