Berita Pendidikan Surabaya

Kiat SD Muhammadiyah 8 Surabaya Tumbuhkan Karakter Siswa Cinta Tanah Air

SD Muhammadiyah 8 Surabaya menumbuhkan karakter cinta tanah air terhadap siswa dengan mengenal budaya nusantara.

Kiat SD Muhammadiyah 8 Surabaya Tumbuhkan Karakter Siswa Cinta Tanah Air
surya.co.id/zainel arif
Kegiatan Pameran Keberagaman Budaya Nusantara  dilakukan siswa Kelas 6 di Aula SD 8 Muhammadiyah Surabaya, Senin (3/2/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA -  SD Muhammadiyah 8 Surabaya menumbuhkan karakter cinta tanah air terhadap siswa dengan mengenal budaya nusantara.

Karakter ini dibentuk melalui ujian praktik pameran Keberagaman Budaya Nusantara di Aula sekolah setempat , Senin (3/2/2020).

Mereka merupakan siswa kelas 6 yang ditugaskan untuk menyajikan nuansa daerah dari 10 provinsi sesuai tema mulai dari makanan, pakaian, dan rumah adat sebagai puncak acara dari Ujian Praktik Sekolah.

Sebanyak 73 peserta yang dibagi menjadi 10 kelompok masing-masing 7-8 anak mempresentasikan hasil masakannya.

"Ini sebagai penilaian ujian praktik, yang mana pelajaran tidak selalu hanya materi dari buku, tapi juga sebagai pengenalan ke siswa tentang merasakan makanan daerah, memakai baju daerah, dan juga rumah adat berupa gambar," kata Umar Haiq Waka Kesiswaan SD 8 Muhammadiyah Surabaya

Sementara itu, acara ini menghadirkan beberapa juri, salah satunya ialah chef Didik Yudianto dari Hotel Marcure Grand Mirama.

"Saya sangat mengapresiasi, ini juga membuat mereka menjadi mampu untuk menyajikan makanan daerah," kata Chef Didik.

"Penilaian masakan mulai dari tesktur, karena setiap makanan itu berbeda sehingga mereka harus menyesuaikan tekstur sesuai dengan daerah masing-masing, kelemahan mereka hanya di presentasi," imbuhnya.

Selain itu Chef Didik juga memberikan pengetahuan tentang garnish untuk mempercantik makanan melalui perform Chef didik.

"Sangat bermanfaat edukasi dari Chef Didik tadi, karena saya jadi mengetahui bahwa garnish dapat membuat makanan menjadi lebih menarik," kata Ziyada Azzahra siswi kelas 6 SD.

Azzahra mengaku senang lewat pameran ini ia dapat lebih mengenal budaya Indonesia.

"kami bertujuh mendapatkan tema Sumatera Barat, setelah melakukan ujian praktik ini, saya jadi merasa lebih mencintai budaya, karena kami diharuskan memakai pakaian adat, menyajikan makanan daerah, hingga mendekorasi stand, berkesan sekali," tutup Azzahra.

Penulis: Zainal Arif
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved