Kelebihan Energi Dari Mesin Giling PG Pesantren Baru Dijual ke PLN Jadi EBT

PTPN X melalui Pabrik Gula (PG) Pesantren Baru di Kediri, menjual kelebihan tenaga listrik yang didapat dari ampas tebu kepada UID PT PLN

Kelebihan Energi Dari Mesin Giling PG Pesantren Baru Dijual ke PLN Jadi EBT
surabaya.tribunnews.com/sri handi lestari
Direktur Utama PTPN X, Dwi Satriyo Annurogo dan General Manager PLN UID Jatim, Bob Saril, saat penandatanganan PJBL kelebihan tenaga listrik PG Pesantren Baru di Kediri, Senin (3/2/2020). 

SURYA.co.id | KEDIRI - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X melalui Pabrik Gula (PG) Pesantren Baru di Kediri, menjual kelebihan tenaga listrik yang didapat dari ampas tebu kepada Unit Induk Distribusi (UID) Jatim PT PLN (Persero).

Penandatanganan Perjanjian Jual Beli Listrik (PJBL) digelar di PG Pesantren Baru, Senin (4/2/2020).

Direktur Utama PTPN X, Dwi Satriyo Annurogo, mengatakan ampas tebu atau bio massa tersebut didapat saat musim giling.

"Kapasitas daya terpasang di PG Pesantren Baru, dengan dua unit pembangkit yang masing-masing 4,5 Mega Watt (Mw), atau total 9 Mw. Konsumsi daya internal hanya 5,5 Mw, sehingga ada kelebihan atau excess power maksimal 3 Mw," jelas Dwi Satriyo.

Sementara untuk peralatan yang digunakan untuk mengolah ampas tebu sebagai bio massa sudah dimiliki PG Pesantren Baru sejak tahun 2016. Sebelumnya banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan sendiri dan sisa tersebut terbuang sia-sia.

“Harapannya potensial excess power di PG Pesantren Baru ini akan lebih maksimal selain digunakan untuk saving pengolahan gula berbasis tebu juga dapat menambah revenue perusahaan,” ungkap Dwi.

Rencananya setelah PG Pesantren Baru, kerjasama juga akan dilakukan di PG Gempolkerep dan PG Kremboong. Menurut Dwi, di PG Gempol Krep akan lebih banyak lagi energi listrik yang excess.

"Masih kami proses rencananya sekitar dua tahun lagi bisa dimanfaatkan. Begitu juga dengan PG Kremboong," tambahnya.

General Manager PT PLN UID Jatim, Bob Saril, mengakui pihaknya sangat mendukung kerjasama ini. "Mengingat kami ditarget untuk bisa meningkatkan penggunaan sumber energi dari Energi Baru Terbarukan (EBT) hingga 2025 mendatang," ungkap Bob.

Lebih lanjut, Bob mengatakan, energi biomassa merupakan salah satu energi alternatif yang dapat digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik dengan pemanfaatan limbah tebu.

"Dan ini sebuah solusi untuk pengolahan limbah bagi PTPN X agar bermanfaat," ujar Bob Saril.

Untuk penggunaannya, tenaga listrik excess power dari PG Pesantren Baru tersebut akan disalurkan untuk penggunaan dari pelanggan masyarakat sekitar Kediri. 

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved