Pilwali Surabaya 2020

309 Calon PPK se-Surabaya Hadapi Seleksi Wawancara Pekan Depan

Sebanyak 309 calon Panita Pemilihan Kecamatan (PPK) akan mengikuti proses seleksi wawancara pada 8 Februari sampai 10 Februari 2020

309 Calon PPK se-Surabaya Hadapi Seleksi Wawancara Pekan Depan
surya.co.id/bobby constantine koloway
Komisioner KPU Surabaya Divisi Hukum dan Pengawasan Soeprayitno. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Sebanyak 309 calon Panita Pemilihan Kecamatan (PPK) akan mengikuti proses seleksi wawancara pada 8 Februari hingga 10 Februari 2020 mendatang.

Mereka yang mengikuti seleksi wawancara tersebut telah dinyatakan lolos pada tahapan seleksi sebelumnya, yakni tes tulis.

Berdasarkan penjelasan Komisioner KPU Surabaya, Soeprayitno, dari ratusan peserta seleksi wawancara tersebut hanya akan dipilih lima terbaik untuk tiap kecamatan.

”Saat ini, peserta yang dinyatakan lolos seleksi tulis sebanyak 10 orang untuk tiap kecamatannya,” kata Soeprayitno kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya (Senin, 3/2/2020).  

Sedangkan terkait teknis pelaksanaan seleksi wawancara, dari 31 kecamatan se-Surabaya akan dibagi menjadi tiga hari. Tiap harinya, KPU akan menyeleksi calon PPK untuk 13 kecamatan.

Dalam seleksi ini, KPU Surabaya akan memperdalam sejumlah teknis kepemiluan. Yang tidak kalah pentingnya, dalam tes wawancara ini juga akan dilakukan klarifikasi atas tanggapan masyarakat kepada calon PPK.

Saat ini, KPU memang tengah membuka tanggapan masyarakat terhadap para calon PPK (28 Januari – 5 Februari 2020). ”Kami menerima banyak aduan dari masyarakat. Namun, kami tak bisa merinci aduan yang disampaikan tersebut,” katanya.

”Oleh karena itu, saat wawancara nanti akan kami klarifikasi ke yang bersangkutan (calon PPK). Sebab, yang namanya aduan bersifat sepihak,” jelasnya.

Selain dari masyarakat, pihaknya juga berkoordinasi dengan jajaran petugas pemilu terkait. Di antaranya dengan pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpol Linmas), partai politik, hingga pihak kepolisian.

”Kami juga mengirimkan nama calon PPK ini kepada pihak terkait untuk diteliti. Kami meminimalisir terkait kemungkinan yang bersangkutan menjadi anggota parpol, pengurus parpol, hingga catatan kejahatan, dan potensi lainnya,” terangnya.

Usai pelaksanaan seleksi wawancara, KPU Surabaya akan kembali membuka tanggapan masyarakat tahap kedua (15-21 Februari). Sedangkan untuk PPK terpilih akan dilantik pada 29 Februari 2020 mendatang.

Dalam proses seleksi tersebut, jumlah yang dibutuhkan untuk PPK mencapai 155 petugas untuk 31 kecamatan se-Surabaya (5 orang tiap kecamatan). Untuk PPK, 1 orang menjadi Ketua sedangkan lainnya menjadi anggota.

Masa kerja badan ad hoc ini selama Sembilan bulan. Terhitung sejak tanggal 1 Maret – 30 Novemer 2020 mendatang.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved