Berita Madiun

Bupati Madiun, Kaji Mbing Terpilih Mengikuti Program IVLP di Amerika Serikat

"Sore ini saya akan berangkat ke Amerika. Ini yang membiayai Amerika, bukan pakai uang dari APBN," kata Kaji Mbing

SURYAOnline/rahadian bagus
Bupati Madiun, Kaji Mbing. 

SURYA.co.id|MADIUN - Bupati Madiun, Ahmad Dawami, terpilih mengikuti program International Visitors Leadership Program (IVLP) di Amerika Serikat.

Karena itu, selama sebulan, bupati yang akrap disapa Kaji Mbing itu akan berada di Amerika Serikat

"Sore ini saya akan berangkat ke Amerika. Ini yang membiayai Amerika, bukan pakai uang dari APBN," kata Kaji Mbing, Jumat (31/1/2020) sebelum bertolak ke Amerika..

Dia menuturkan, selama di Amerika dirinya akan mengikuti berbagai program kunjungan yang telah dijadwalkan panitia. Program pelatihan ini seperti tata kelola pemerintahan, melihat sistem peternakan dan sistem pertanian di Amerika.

"Jadi di sana full kegiatan. Kita akan studi banding di berbagai lembaga yang ada di Amerika," kata Kaji Mbing di hadapan ratusan kepala desa yang menghadiri acara penyerahan penghargan dari Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, di pendopo Graha Muda.

Saat ditanya, bagaimana dia bisa terpilih mengikuti program IVLP di Amerika Serikat, bupati mengaku tidak tahu. Namun, sebelum terpilih, dia harus mengikuti tes wawancara sebanyak lima kali.

"Metode pemilihannya seperti apa, saya juga tidak tahu. Katanya dilihat tingkat popularitasnya. Tapi saya merasa juga tidak populer," ujarnya.

Kaji Mbing mengatakan, seharusnya dia diminta berangkat pada 2019, lalu. Namun, karena ada sesuatu hal ia baru bisa berangkat tahun ini.

Selama mengikuti program pelatihan di Amerika Serikat itu, ia menyerahkan kepemimpinan kepada Wakil Bupati Madiun. Dia juga meminta seluruh kepala desa ikut menjaga keamanan dan kondusivitas di masing-masing desa.

"Saya titip Madiun. Madiun ini bukan milik Bupati. Jangan sampai ada apa-apa. Tidak boleh ada gegeran, kades kalau masalah, diajak ngopi," ungkap Kaji Mbing.

Kaji Mbing merupakan satu dari enam orang Indonesia yang terpilih mengikuti program yang dibiayai pemerintah Amerika Serikat tersebut.

Lima orang lain yang berangkat yaitu Bupati Takalar, Syamsari Kitta ; Ketua PDIP Sumsel, M. Giri Ramanda Nazaputra ; Kabag Kerjasama dan Layanan Inovasi Kantor Catatan Sipil Sumatera Selatan, Hermince Angelina Agustine ; Camat Sultan, Anjas Rusli ; dan Ketua Meda Peduli/NGO, Syaiful Arifin Tamidi. 

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved