Advertorial

Habitat For Humanity Bersama Sekolah Ciputra Bangun Jumbleng Jadi Toilet di Gresik

Habitat for Humanity Indonesia bersama Sekolah Ciputra Surabaya membangun 1 unit toilet untuk keluarga Riyono (39) warga Gresik

Willy Abraham/TribunJatim.com
Fundraising yang diadakan oleh Habitat for Humanity membangun toilet untuk keluarga Riyono di Dusun Randusongo, Desa Kesambenkulon, Kecamatan Wringianom, Gresik, Sabtu (1/2/2020). 

SURYA.co.id | GRESIK - Habitat for Humanity Indonesia bersama Sekolah Ciputra Surabaya membangun 1 unit toilet untuk keluarga Riyono (39) warga Dusun Randusongo, Desa Kesambenkulon, Kecamatan Wringianom. Riyono bersama istri dan anaknya biasanya menggunakan jumbleng sehari-hari.

Jumbleng tersebut digunakan untuk buang air besar (BAB). Jumbleng yang terdiri dari tanah sebagai alas, kayu kecil sebagai tiang, dan tenda seadanya berwarna biru sebagai penutup. Ditambah lagi, setiap harinya Riyono dan keluarga harus berjalan sejauh 25 meter dari rumahnya menuju jumbleng yang terletak jauh di kebun.

Berada di kebun pisang. Saat malam hari tidak ada lampu, sehingga gelap jika harus BAB saat malam hari. Riyono hanya seorang pekerja swasta dan istrinya hanyalah seorang ibu rumah tangga. Penghasilannya rendah sehingga tidak memiliki biaya yang cukup untuk membangun sebuah toilet.

Melihat hal ini, Habitat for Humanity bersama Sekolah Ciputra Surabaya tergerak membantu membangun sebuah toilet bagi keluarga Riyono.

Melalui kegiatan Funraising yang diadakan oleh Habitat for Humanity, Sekolah Ciputra Surabaya memberikan donasi yang dikumpul sejak Agustus sampai Desember 2019.

Selain donasi turut juga volunteer sebanyak 4 dalam proses pembangunan bersama Habitat for Humanity 1 Februari 2020.

“Habitat for Humanity membangun toilet ini untuk membantu Riyono dan keluarga memperoleh hidup yang lebih baik dan lebih sehat,” kata Figria Salmon, Resource Development Surabaya, Sabtu (1/2/2020).

Toilet dibangun di belakang rumah sehingga Riyono dan keluarga tidak harus menempuh jarak yang jauh ke toilet.

Habitat for Humanity berharap kegiatan Funraising ke sekolah-sekolah menjadi jalan untuk membangkitkan anak muda terlibat untuk membantu sesama demi kesejahteraan hidup bersama dan bangsa Indonesia.

Para siswa kelas XII dan X sekolah Ciputra dibantu tukang membantu pembangunan toilet untuk keluarga Riyono.

Halaman
12
Penulis: Willy Abraham
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved