Grahadi

Pemprov Jatim

Cetak E-KTP di Jatim Cukup 1,5 Menit, Mendagri Apresiasi Inisiatif Khofifah Terapkan Mesin Dukcapil

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyebut bahwa Jawa Timur adalah provinsi perintis untuk penerapan ADM ini.

Cetak E-KTP di Jatim Cukup 1,5 Menit, Mendagri Apresiasi Inisiatif Khofifah Terapkan Mesin Dukcapil
SURYA.co.id/Fatimatuz Zahro
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersama Menkopolhukam Machfud MD dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendampingi proses demo penggunaan Anjungan Dukcapil Mandiri saat launching di Grand City, Jumat (31/1/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Provinsi Jawa Timur menjadi daerah perintis yang menggunakan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Jumat (31/1/2020) siang ini, penyerahan mesin ADM dilakukan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada perwakilan kepala daerah yaitu Bupati Jombang, Munjidah Wahab.

Mesin ADM ini digadang akan menjadi solusi untuk masalah pencetakan dokumen kependudukan yang selama ini dirasakan ribet oleh masyarakat.

Sebab mesin ini bisa mencetak langsung empat jenis dokumen kependudukan. Mulai KTP elektronik, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan Akte Kematian.

"Mesin ini sangat banyak manfaatnya, untuk mempermudah layanan publik, masyarakat yang tadinya mungkin harus melewati RT, RW, kelurahan, kecamatan lempar sana sini, lambat dilayani karena bertemu dengan manusia. Sekarang dengan mesin otomatis lebih mudah. Jadi layanan publik akan jadi lebih baik," kata Menteri Tito.

Kedua, manfaat yang juga didapatkan, untuk pencegahan korupsi.

Karena salah satu terjadinya korupsi, menurut Tito, lantaran ada kesempatan bertemu antara masyarakat dan otoritas yang memiliki kewenangan.

"Nah sekarang ini tidak ketemu. Dengan memasukkan NIK, lalu mereka bisa mencetak 4 dokumen yang sangat penting bagi mereka. Bisa mencetak KTP elektronik, KK, Akte Kelahiran dan kadang-kadang yang sudah wafat juga susah mengurus, sekarang akte kematian bisa diurus di sini," kata Menteri Tito.

Saat penyerahan ADM, turut didemokan cara menggunakan mesin ADM ini.

Masyarakat yang butuh mencetak cukup memasukkan NIK, scan sidik jari atau menggunakan QR code ke mesin.

Halaman
123
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved