Pilkada Surabaya 2020

528 Calon Petugas Pemilihan Tingkat Kecamatan se-Surabaya Ikuti Jalani Seleksi Tulis

Sebanyak 528 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Surabaya mengikuti seleksi tulis di Surabaya, Kamis (30/1/2020).

528 Calon Petugas Pemilihan Tingkat Kecamatan se-Surabaya Ikuti Jalani Seleksi Tulis
surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya menunjukkan soal jelang pelaksanaan tes tulis bagi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Surabaya, Kamis (30/1/2020) di Surabaya. 

SURYA.co.id, SURABAYA – Sebanyak 528 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Surabaya mengikuti seleksi tulis di Surabaya, Kamis (30/1/2020). Berlokasi di Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) UIN Sunan Ampel Surabaya (Uinsa) seleksi tulis ini diikuti oleh kandidat yang dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Berdasarkan penjelasan Komisioner KPU Surabaya, Soeprayitno, dari 583 peserta yang lolos verifikasi administrasi, hanya 528 orang yang hadir.

”Untuk sisa soal yang ada karena ketidakhadiran peserta, kami musnahkan dengan cara dibakar,” kata Soeprayitno kepada Surya.co.id ketika ditemui di Surabaya, Kamis (30/1/2020).

”Sedangkan bagi yang terlambat hadir lebih dari jadwal ditentukan (pukul 10.00 WIB), dipersilakan mengikuti tes tanpa perpanjangan waktu,” lanjutnya.

Di dalam seleksi tersebut, sejumlah materi terkait penyelenggaraan pemilu menjadi pokok pertanyaan. Di antaranya, seputar tugas dan kewenangan PPK, pemungutan suara, penghitungan suara, kewilayahan kecamatan, hingga pencalonan perseorangan.

Tak hanya KPU, seleksi tersebut dilakukan di bawah pengawasan sejumlah lembaga terkait. ”Pihak Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Surabaya dan Kepolisian dari Polres Surabaya juga hadir,” kata Soeprayitno.

Nantinya, KPU Surabaya akan memeriksa hasil pelaksanaan tes. Adapun jadwal pemeriksaan tes dilakukan pada 31 Januari hingga 2 Februari 2020.

”Selanjutnya, pengumuman tes tulis akan kami samapaikan pada 3-5 Februari,” imbuhnya.

Dari jumlah tersebut, KPU selanjutnya akan memilih 10 besar di tiap kecamaatan untuk mengikuti tahapan selanjutnya, yakni tes wawancara. ”Jadi tes tulis ini sistem gugur. Nantinya, tes wawancara akan dilaksanakan 8-10 Februari 2020,” terangnya.

Sembari pelaksanaan seleksi dilaksanakan, masyarakat dapat memberikan tanggapan terhadap para calon yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. ”Pasca pengumumuman ini, kami menunggu aduan masyarakat mulai 28 Januari hingga 5 Februari 2020,” lanjutnya.

Selain itu, Soeprayitno menambahkan bahwa seluruh tahapan hingga pasca seleksi tidak dipungut biaya. ”Apabila ada pihak dari luar yang menjanjanjikan bisa membantu memasukkan (diterima sebagai PPK) adalah tidak benar. Hal itu di luar tanggung jawab KPU Surabaya,” pungkasnya.

Dalam proses seleksi tersebut, jumlah yang dibutuhkan untuk PPK mencapai 155 petugas untuk 31 kecamatan se-Surabaya (5 orang tiap kecamatan). Untuk PPK, 1 orang menjadi Ketua sedangkan lainnya menjadi anggota.  

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved