Sambang Kampung

Warga Jojoran Baru 3 Surabaya Sulap Limbah Plastik Jadi Eco Brick

Dulu, sampah plastik bisa dijual. Tapi sejak 2019, tidak lagi. Akhirnya mereka kumpulkan dan kepikiran untuk membuat ecobrick

Warga Jojoran Baru 3 Surabaya Sulap Limbah Plastik Jadi Eco Brick
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Warga RT 6 RW 12 Jojoran Baru 3 Kelurahan Mojo memanfaatkan sampah kemasan makanan ringan dan botol plastik minuman dengan membuat eco brick yang bisa difungsikan sebagai meja atau kursi. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Warga RT 6 RW 12 Jojoran Baru 3 Kelurahan Mojo Surabaya telah memiliki kesadaran menjaga lingkungan, di antaranya mengolah sampah.

Memasuki kampung yang berada di kecamatan Gubeng ini, tak terlihat sampah yang berserakan. Sebaliknya, suasana asri dan sejuk menyelimuti sepanjang gang.

Selain melalui bank sampah, warga mengolah limbah lewat kreasi ecobrick, yakni botol plastik yang diisi padat dengan limbah non-biological.

Tampak potongan-potongan kecil sampah plastik memenuhi botol air mineral berukuran 1,5 liter. Botol-botol tersebut dirangkai hingga berbentuk lingkaran. Direkatkan menggunakan selotip.

Sementara, di atasnya diletakkan triplek. Produk ecobrick ini pun siap digunakan sebagai meja atau kursi.

Ketua RT 6 RW 12 Kelurahan Mojo, Koesiyanto mengatakan, ecobrick tersebut memang akan dimanfaatkan untuk membuat meja, kursi, dan sebagainya.

"Kreasi ini merupakan bentuk partisipasi kami untuk mengurangi sampah plastik. Warga berinisiatif mengumpulkan sampah lalu memotong-motongnya. Mereka melakukannya saat santai," kata Koesiyanto, Rabu (29/1/2020).

Satu botol berukuran 1,5 liter, lanjutnya, setidaknya memuat enam sampai tujuh ons plastik yang sudah tidak terpakai

"Sampahnya dipotong-potong aja, kemudian dimasukkan ke botol. Kebanyakan, dari bungkus plastik rumah tangga dan jajanan anak-anak," Koesiyanto menuturkan.

Sampai saat ini, imbuhnya, sudah terdapat 75 botol. Ke depan, warga akan berinovasi menghadirkan beragam bentuk yang menarik.

Halaman
123
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved