Unair Akan Merancang Kebijakan Terkait Kurikulum Lintas Multidisiplin.

Rektor Unair menyebut bahwa kampusnya akan merancang kebijakan terkait perumusan kurikulum lintas multidisiplin seperti dikonsepkan Mendikbud

Unair Akan Merancang Kebijakan Terkait Kurikulum Lintas Multidisiplin.
sulvi sofiana/surya
Rektor Unair, Prof Mohammad Nasih 

SURYA.co.id | SURABAYA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim tak hanya berwenang atas pendidikan dasar,pertama dan menengah. Namun,kini perguruan tinggi juga di bawah wewenangnya.

Kebijakan baru Nadiem di perguruan tinggi mendapat respon dari berbagai pihak, tak terkecuali Rektor Universitas Airlangga, Prof Mohammad Nasih.

Dikatakan Nasih, terkait wacana pokok kebijakan reakreditasi prodi merupakan hal yang wajar. Terlebih bagi fakultas dan program studi yang sudah siap.

"Bahkan, program studi yang sudah terakreditasi internasional oleh beberapa orang lembaga, akan kami tingkatkan akreditasi internasional dengan lembaga lain yang belum kami jajaki. Jadi hal ini menjadi salah satu hal penting yang sudah dilakukan untuk mendukung kebijakan yang baru tersebut,"paparnya.

Selain itu, Unair juga akan merancang kebijakan terkait perumusan kurikulum lintas multidisiplin.

"Jadi mahasiswa ilmu sosial juga bisa belajar ilmu eksakta, dan mahasiswa ilmu eksak juga bisa mengerti ilmu sosial," imbuhnya.

Sementara itu, Salah satu wujud nyata yang rencananya akan dilakukan Unair yaitu adanya mata kuliah berbasis digital dan program magang di luar negeri atau pertukaran pelajar yang akan menggantikan tugas akhir.

Hal tersebut, jelasnya, tentu dengan catatan mahasiswa sudah mengambil semua mata kuliah wajib selama masa perkuliahan dan dapat mematuhi syarat dan ketentuan yg berlaku.

"Mahasiswa bisa belajar tanpa adanya ruang dan waktu. Dan itu malah leboh terlihat fleksibel. Namun kebijakan itu jangan diartikan bebas sebebas-bebasnya. Mahasiswa wajib mengikuti peraturan dari kampus yaitu teratur dan kompeten," tutupnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved