Berita Malang Raya

Tahun Ini Kota Malang Siap Terapkan E-TLE

Wali Kota Malang, Sutiaji, katanya, juga bergairah untuk segera merealisasikan E-TLE seperti yang sudah dilakukan Surabaya.

Tahun Ini Kota Malang Siap Terapkan E-TLE
surya.co.id/luhur pambudi
Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Jatim, AKBP Adhitya Panji di RTMC Ditlantas Polda Jatim menunjukkan contoh lembar lampiran bukti tilang melalui E-TLE. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aminatus Sofya

SURYA.co.id | MALANG - Kota Malang siap menerapkan sistem tilang berbasis kamera ANPR (Automatic Number Plate Recognition). Sistem yang dikenal Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) rencananya akan diterapkan di kota bunga mulai tahun ini.

“Mudah-mudahan tahun 2020 ini sudah bisa dimulai,” terang Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Priyanto, Rabu (29/1/2020).

Dia mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Dinas Kominfo Kota Malang untuk penerapan E-TLE.

Wali Kota Malang, Sutiaji, katanya, juga bergairah untuk segera merealisasikan E-TLE seperti yang sudah dilakukan Surabaya.

“Targetnya kami memang smart city kan. Apalagi Malang. Karena itu kemarin waktu rapat pak Wali Kota sangat menyambut baik,” bebernya.

Mantan Kapolsek Bubutan itu menambahkan, E-TLE dilengkapi fasilitas kamera yang cukup canggih dan nyaris tidak bisa dikelabui.

“Pengendara di dalam mobil yang tidak memakai safety belt itu bisa direkam,” katanya.

Priyanto mengatakan E-TLE bertujuan untuk meningkatkan ketaatan pengendara terhadap kendaraan. Apabila pengendara telah taat, ia optimistis fatalitas akibat kecelakaan akan turun.

Sebelumnya, Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan menginginkan seluruh wilayah di Jawa Timur segera menerapkan E-TLE. Dengan penerapan tilang elektronik di Jawa Timur ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi provinsi lain.

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved