Peringatan DPRD Jember Efek Wabah Virus Corona, Warga China yang Pulang Kampung Dilarang Balik Cepat

Efek dari wabah virus corona, DPRD Jember meminta Dinas Tenaga Kerja menunda kembalinya warga China yang pulang kampung ke Jember.

Peringatan DPRD Jember Efek Wabah Virus Corona, Warga China yang Pulang Kampung Dilarang Balik Cepat
daily mail
ILUSTRASI. DPRD Jember memberikan peringatan terkait efek wabah virus corona kepada Dinas Ketenagakerjaan agar menunda kembalinya tenaga kerja China yang pulang kampung untuk balik cepat. Jumlah warga China yang bekerja di pabrik semen Puger Jember mencapai ratusan orang. 

SURYA.co.id | JEMBER - Sepekan ini, berita wabah virus corona yang diduga berasal dari Kota Wuhan, China menghantui dunia karena menewaskan puluhan orang yang terjangkit.

Efek dari wabah virus corona tersebut, DPRD Jember meminta Dinas Tenaga Kerja menunda kembalinya warga China yang telanjur pulang kampung ke negeri tirai bambu itu ke Jember.

Warga China yang pulang kampung kebanyakan adalah pekerja di pabrik semen di Puger. Jumlah warga China yang pulang kampung untuk merayakan Imlek itu sekitar 80 persen dari ratusan tenaga kerja. 

Karena itu, Komisi D DPRD Jember meminta pihak Dinas Tenaga Kerja Jember berkoordinasi dengan pihak pemakai jasa tenaga kerja asing asal China itu.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jember Nurhasan menuturkan, pabrik semen di Puger memakai tenaga kerja asal China.

Jumlah mereka mencapai ratusan orang.

"Sepengetahuan saya ketika menjelang Imlek kemarin, mereka pulang kampung. Ada sekitar 70-80 persen yang pulang kampung ke Tiongkok. Kami instruksikan kepada Dinas Tenaga Kerja supaya meminta penundaan kepulangan mereka ke Jember," tegas Nurhasan, Rabu (29/1/2020).

Permintaan Komisi D itu berkaitan dengan menyebarnya virus corona (nCoV) di Tiongkok.

Nurhasan tidak ingin, virus itu terbawa pekerja asing Tiongkok yang kembali ke Indonesia dan ke Jember.

"Kami memikirkan keselamatan warga Jember," tegasnya.

Halaman
1234
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved