Pilkada Surabaya 2020

Ikut Mendaftar, Gus Hans Tak Masalah Rekom Demokrat untuk Machfud Arifin

Demokrat sejak awal telah condong untuk mendukung bacawali yang lain, Machfud Arifin. Namun, Gus Hans tetap mendaftar dan kemudian dinilai.

Ikut Mendaftar, Gus Hans Tak Masalah Rekom Demokrat untuk Machfud Arifin
surabaya.tribunnews.com/fatimatuz zahro
Gus Hans 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bakal Calon Walikota Surabaya, KH Zahrul Azhar As’ad atau yang akrab disapa Gus Hans membuka komunikasi dengan Partai Demokrat. Bahkan, Gus Hans ikut mendaftar di partai segitiga mercy ini pada akhir masa pendaftaran, Jumat (24/1/2020) lalu.

"Memang ada relawan Gus Hans yang mengambil formulir. Sehingga, semua nama yang mendaftar disampaikan ke DPP melalui DPD (pengurus provinsi)," kata Plt Ketua DPC Demokrat Surabaya, Lucy Kurniasari, ketika dikonfirmasi di Surabaya.

Padahal, Demokrat sejak awal telah condong untuk mendukung bacawali yang lain, Machfud Arifin. Namun, Gus Hans tetap mendaftar dan kemudian dinilai.

"Panitia penjaringan sudah mengadakan rapat pleno dan penilaian terhadap semua kandidat yang mendaftar. Yang memenuhi kriteria adalah Pak MA dan sudah penilalian itu diterima DPD," kata Lucy.

Sekalipun demikian, Lucy tak memungkiri bahwa hanya nama tertinggi yang dilaporkan ke DPP. "DPD Jatim hanya mengusulkan satu nama dari yang diusulkan oleh DPC," katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Gus Hans pun tak mempermasalahkan dengan adanya dukungan Demokrat yang diberikan kepada Machfud. Politisi Golkar ini tetap menghormati mekanisme yang ada di parpol.

"Prinsipnya, kalau ada partai membuka pendaftaran, saya ikut mendaftar. Sebab, hal ini sebagai bentuk penghormatan kami terhadap mekanisme parpol," kata Gus Hans.

Gus Hans pun menjelaskan bahwa pengambilan formulir bukan dilakukan pihaknya, melainkan oleh para relawan. "Dorongan pendaftaran itu juga datang dari teman-teman relawan," jelasnya.

Relawan Gus Hans pun menyebut alasan pihaknya mengambil formulir tersebut. "Inisiatif kami para relawan Gus Hans untuk mendaftarkan calon kami sebagai calon walikota Surabaya, mengingat calon yg kami usung sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Selain itu, skor elektabilitasnya sangat tinggi" kata Zainul Fadli, Ketua Relawan Paguyuban Arek Jawa Timur (Pagar Jati).

Relawan lainnya, Efendi Achmad menyampaikan bahwa Partai Demokrat adalah partai ke empat yang membuka penjaringan pilwali Surabaya. Komunikasi lintas parpol menjadi penting.

Sebab, Golkar yang kini menaungi Gus Hans masih membutuhkan rekan koalisi. "Sehingga, kami para relawan tidak menyiakan kesempatan untuk mendaftarkan Gus Hans, mengingat partai Golkar harus ada koalisinya," jelasnya. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved