Berita Surabaya

Hampir Dua Pekan Pemberlakuan E-TLE di Surabaya, Sudah Ratusan Pelanggar Terima Surat Tilang

Pelanggar paling banyak yang terekam CCTV di Kota Surabaya adalah penerobos traffic light.

Hampir Dua Pekan Pemberlakuan E-TLE di Surabaya, Sudah Ratusan Pelanggar Terima Surat Tilang
SURYA.co.id/Sugiharto
Saat petugas RTMC Ditlantas Polda Jatim menunjukkan lembar lampiran bukti tilang melalui E-TLE 

SURYA.co.id | SURABAYA - Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau E-Tilang sudah hampir dua pekan resmi diberlakukan di Kota Surabaya.

Pelanggar yang terekam kamera Closed Circuit Television (CCTV) di sekitar 23 titik mulai menerima surat tilang dan sedikit di antaranya menerima teguran.

Setidaknya, data menunjukkan sekitar 251 pelanggaran yang terekam CCTV itu merupakan pelanggar yang menerobos traffic light.

"Pelanggar paling banyak terekam kamera itu merupakan penerobos traffic light. Sisanya pelanggaran marka rambu, batas kecepatan, sabuk pengaman, penggunaan handphone dan tanpa helm," kata Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP Teddy Chandra, Rabu (29/1/2020).

Dari 251 pelanggaran itu, hanya 27 pelanggar yang datang ke Posko Gakkum dengan memberikan konfirmasi surat teguran.

"Blanko teguran itu saat uji coba awal-awal. Jadi di surat konfirmasinya ada stempel teguran simpatik. Mungkin mereka datang baru sekarang. Ke depan akan habis juga surat konfirmasi yang ada stempel teguran simpatik. Masyarakat kan nggak lansung datang saat menerima surat konfirmasi, ada yang satu bulan sesudah terima," tambahnya.

Meski demikian, Teddy menyebut jika E-TLE memiliki kecenderungan positif dalam membuat budaya baru dalam berkendara di jalanan Surabaya.

"Bisa kita lihat sedikit demi sedikit pengendara jalan mulai berupaya tertib. Mereka sadar jika tanpa adanya anggota di lapangan mereka masih merasa diawasi sehingga potensi untuk melanggar itu mulai berangsur hilang pelan-pelan," tandasnya.

Penulis: Firman Rachmanudin
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved