Berita Bisnis

BPS Jatim Kenalkan Pemutakhiran Diagram Timbang Indeks Harga Konsumen Pakai SBH 2018

Perhitungan SBH 2018 untuk memperoleh paket komoditas dan diagram timbang untuk memperbarui IHK tahun dasar 2012.

BPS Jatim Kenalkan Pemutakhiran Diagram Timbang Indeks Harga Konsumen Pakai SBH 2018
tribun jatim/fikri firmansyah
Kepala BPS Jatim, Dadang Nardiwan (kiri) saat memimpin langsung rapat Sosialisasi Pemutakhiran Diagram Timbang Indeks Harga Konsumen dengan pakai SBH 2018. Rabu (29/1/2020) di ruang rapat kantor BPS Jatim, Jalan Kendangsari, Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur menggelar kegiatan rapat "Sosialisasi Indeks Harga Konsumen" di ruang rapat kantor BPS Jatim, Jalan Kendangsari, Surabaya, Rabu (29/1/2020)

Kegiatan sosialisasi tersebut dipimpin Kepala BPS Jatim yang baru, Dadang Nardiwan.

Dadang Nardiwan dalam sambutannya mengatakan, Pemutakhiran Diagram Timbang IHK 2018 ini dalam rangka menyempurnakan metodologi berdasarkan standar penghitungan lndeks Harga Konsumen yang sesuai buku Consumer Price Index Manual yang menjadi rujukan United Nations (UN).

"Jadi ketika perhitungan Indeks Harga Konsumen mulai februari mendatang sudah pakai berdasarkan Survei Biaya Hidup (SBH) 2018 tidak lagi pakai SBH 2012," kata Dadang, Rabu (29/1/2020) saat memimpin langsung jalannya kegiatan sosialisasi Pemutakhiran Diagram Timbang Indeks Harga Konsumen Dengan Pakai SBH 2018

Dikatakannya, tujuan dipakainya perhitungan SBH 2018 agar mendapatkan data nilai konsumsi dasar yang valid, mendapatkan keterangan rinci tentang profil sosial ekonomi rumah tangga perkotaan dan juga dapat digunakan sebagai bahan penelitian dan analisis perekonomian.

Selain itu, perhitungan SBH 2018 untuk memperoleh paket komoditas dan diagram timbang untuk memperbarui IHK tahun dasar 2012.

"Juga untuk melengkapi data yang diperlukan untuk perhitungan pendapatan regional dan nasional," tambahnya.

Kegiatan sosialisasi ini juga turut dihadiri pihak Pemkot Surabaya, Pemprov Jatim dan hampir seluruh BPS daerah dan kota yang ada di Jatim serta dinas-dinas terkait lainnya.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved