Breaking News:

Berita Blitar

BPN Targetkan Penerbitan 300 Sertifikat Tanah di Program PTSL 2020 Kota Blitar

Target penerbitan sertifikat dalam program PTSL 2020 lebih sedikit dibandingkan program PTSL 2019.

samsul hadi/surya
Bupati Blitar, Rijanto, secara simbolis menyerahkan sertifikat tanah program PTSL ke warga di Desa Ngadri, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar, beberapa waktu lalu. 

SURYA.co.id | BLITAR - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Blitar menargetkan hanya menerbitkan 300 sertifikat dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2020.

Selain sertifikat, BPN juga akan menerbitkan peta untuk 500 bidang tanah.

Kepala BPN Kota Blitar, Budi Doyo mengatakan target penerbitan sertifikat dalam program PTSL 2020 ini memang lebih sedikit dibandingkan program PTSL 2019.

Pada program PTSL 2019, BPN menerbitkan sekitar 2.000 PTSL.

"Targetnya berkurang karena jumlah bidang tanah yang belum bersertifikat di Kota Blitar tinggal sedikit. Tahun ini targetnya hanya menerbitkan 300 sertifikat, tapi kalau antusias masyarakat masih banyak, kuotanya bisa diusulkan ditambah," kata Budi Doyo, usai menyerahkan sertifikat tanah program PTSL di Kelurahan Kepanjenkidul, Kota Blitar, Rabu (29/1/2020).

Dari total sekitar 55.000 bidang tanah di Kota Blitar, tambah Budi, saat ini yang belum bersertifikat tinggal sekitar 1.000 bidang tanah.

Sejumlah bidang tanah yang belum bersertifikat itu statusnya masih bermasalah.

Misalnya, tanah waris yang belum dibagi, status tanah memang masih bermasalah, tanah fasilitas umum (fasum), dan pemilik tanah berdomisili di luar kota.

"Untuk tanah fasum dan tanah masih bermasalah itu memang tidak diusulkan sertifikat, tapi kami akan menerbitkan peta bidang tanah," ujarnya.

Dikatakannya, target penerbitan 300 sertifikat tanah pada program PTSL 2020 ini untuk empat kelurahan di Kota Blitar, yaitu Sananwetan, Tanggung, Klampok dan Plosokerep.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved