Breaking News:

Banjir Bandang di Bondowoso

Banjir Bandang Terjang Kecamatan Ijen di Bawah Gunung Ijen

Sejumlah video banjir di Sempol beredar secara berantai di sejumlah grup WhatsApp. Video itu menunjukkan aliran air melanda sekitar permukiman warga.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Eben Haezer Panca
ist/youtube @Operator Sound System
Tangkap layar video banjir bandang di Sempol, Kecamatan Ijen, yang direkam oleh warga. 

SURYA.co.id | BONDOWOSO - Banjir melanda Kecamatan Ijen/Sempol Kabupaten Bondowoso, Rabu (29/1/2020) siang. Banjir melanda Dusun Pesanggrahan, Desa Sempol.

Sejumlah video banjir di Sempol beredar secara berantai di sejumlah grup WhatsApp. Video itu menunjukkan aliran air melanda sekitar permukiman warga. Air disertai juga dengan ranting dan kayu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Kukuh Triyatmoko membenarkan adanya peristiwa banjir di kecamatan yang berada di kaki Gunung Ijen tersebut.

"Benar kejadian itu pukul 13.00 siang tadi. Banjir setelah hujan deras sekitar dua jam di daerah hulu yakni Gunung Suket," ujar Kukuh yang dihubungi Surya melalui saluran telepon, Rabu (29/1/2020) sore.

Air dari Gunung Suket yang disertai ranting dan kayu turun ke arah Dusun Pesanggrahan. Air melaju melewati jalan di desa tersebut.

Jalan yang dilewati banjir itu merupakan jalur poros di kecamatan tersebut. Banjir melewati jalan di depan kantor kecamatan dan Koramil setempat.

Air juga merangsek masuk ke gang-gang permukiman warga.

Menurut Kukuh, berdasarkan kaji cepat BPBD Bondowoso, banjir itu berdampak pada 200 rumah warga.

"Ada 200 rumah warga yabg tergenang. Saat ini banjir sudah surut. Dan semua pihak mulai bersih-bersih," lanjut Kukuh.

Petugas gabungan BPBD Bondowoso, TNI, Polri, warga, dan perusahaan yang ada di kecamatan itu sedang membersihkan material yang dibawa banjir.

Kukuh menuturkan, sejauh ini tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved