Sambang Kampung

Warga RW 12 Medokan Ayu Surabaya Tetap Produktif di Tengah Kesibukan: Sayur Hidroponik Habis Terjual

Dengan dana bantuan dari perbankan, warga mulai membangun kebun hidroponik di empat RT, mulai dari pembibitan,perawatan dan panen dilakukan kader.

Warga RW 12 Medokan Ayu Surabaya Tetap Produktif di Tengah Kesibukan: Sayur Hidroponik Habis Terjual
surya.co.id/ahmad zaimul haq
BANYAK PEMINAT - Fasilitas umum RW 12 Kelurahan Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut dimanfaatkan menjadi kebun hidroponik yang tersebar di empat RT dan menjadi jujukan pasar raya bagi warga di akhir pekan. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Memiliki warga yang mayoritas merupakan pekerja tak membuat fasilitas umum RW 12 Kelurahan Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut kehilangan sentuhan warganya.

Dengan dana bantuan dari perbankan, warga mulai membangun kebun hidroponik di empat RT, mulai dari pembibitan,perawatan dan panen dilakukan kader kampung.

Dan saat panen, aeluruh warga kampung hadir untuk membeli sayur hasil budidaya warga RW 12.

Mahfud, warga RT 4 mengungkapkan warga di kampungnya banyak di usia produktif sehingga banyak dari mereka tidak ada di rumah saat jam kerja. Tetapi saat sore dan akhir pekan mereka bisa menghabiskan waktu di rumah.

"Kami bangun hidroponik ini murni untuk mengisi waktu dan membangun kampung. Bukan ikut lomba, karena kalau lomba biasanya penjurian saat jam kerja pastinya kami nggak bisa,"ungkap Mahfud.

Dibantu pakar hidroponik dari Kebunsayursurabaya.com, warga membagi tugas untuk melakukan pembibitan, penyemaian, dan perawatan setiap sore.

"Ibu-ibu yang bagian pembibitan, ditaruh halaman rumahnya. Nanti kalau sudah cukup unurnya dipindah ke pot pipa hidroponik,"urainya.

Tak hanya hidroponik, pada bagian bawah pot pipa dibuat kolam yang membudidayakan lele dan nila.

Setelah sebulan, sayuran hidroponik di RT 4 sudah cukup usia untuk panen. Seluruh warga di RW 12 diundang untuk melihat proses panen dan membeli sayur hidroponik.

"Karena masih promo Sawi di jual 2 bongkol Rp 4.000, Selada dijual 2 bongkol Rp 5.000. Total lubang tanam nya ada 528, jadi sayur yang dihasilkan 528 bongkol,"papar Mahfud.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved